08112058905 cs@mahada.id
Souvenir Flashdisk - Tidak Eject Flashdisk, Bahayakah?

Souvenir Flashdisk – Anda pernah mencabut begitu saja flashdisk dari komputer? Atau Anda pernah melihat orang lain melakukannya?

Tidak sedikit yang merasa kebingungan, apakah tindakan tersebut dibenarkan atau justru harus dicegah?

Pada prosedurnya normalnya, sebuah flashdisk diperlukan melalui langkah “eject” untuk menyelesaikan tugas pemakaian flashdisk. Hal ini agar data yang ada di flashdisk tetap  dalam keadaan baik.

Mencabut flashdisk tanpa eject, bisa saja data masih utuh. Namun melakukan kebiasaan tersebut secara berulang-ulang, bisa membuat data akhirnya menjadi rusak, bahkan hilang.

Data Hilang dan Rusak

Souvenir Flashdisk Leather Custom
Souvenir Flashdisk Leather Custom

Saat memasukkan flashdisk ke dalam komputer, data di dalam flashdisk akan dibaca oleh komputer. Setelah terbaca, data akan bisa dibuka dengan aplikasi atau alat yang ada di komputer.

Jika flashdisk dicabut tanpa eject, data didalamnya akan diambil oleh komputer untuk diamankan.

Namun Anda tidak bisa memastikan di mana data tersebut diamankan. Akhirnya data di dalam flashdisk pun tersembunyi dan tidak bisa Anda temukan.

Kesalahan lain mencabut flashdisk adalah ketika data justru sedang dibuka. Jika Anda mencabut flashdisk yang datanya sedang dibaca, komputer akan kebingungan.

Hal tersebut bisa menyebabkan komputer hang atau lag. Data yang sedang dibuka pun biasanya akan rusak dan tidak bisa diakses lagi.

Eject atau Safely Remove

Souvenir USB Flashdisk Kartu
Flashdisk Kartu OTG Custom

Ada dua opsi dalam mengeluarkan akses flashdisk. Eject dan safely remove. Keduanya disediakan untuk melepaskan perangkat yang terhubung dengan USB secara aman. Dengan begitu, akan mengurangi risiko data flashdisk jadi corrupt.

Menu eject bisa Anda temukan dengan mengklik kanan pada flashdisk. Menu ini biasanya dipilih jika perangkat USB multi port, seperti card reader. Sehingga dengan menu eject, kita bisa memilih port mana yang akan kita putuskan koneksinya. Sehingga port lain bisa dibiarkan terus berjalan.

Sedangkan menu safely remove, dapat Anda temukan dengan mengklik kanan ikon flashdisk di pojok kanan bawah layar komputer.

Cara ini dinilai lebih aman untuk mengeluarkan akses flashdisk, karena semua proses baca tulis data akan sepenuhnya berhenti. Koneksi dengan flashdisk pun sepenuhnya akan terputus.

Setelah menyimak ulasan ini, apakah Anda masih ingin mencabut flashdisk sembarangan?

Mahada Indonesia menyediakan beragam usb flash drive untuk souvenir flashdisk. Cetak logo souvenir flashdisk sesuai kebutuhan Anda. Pemesanan souvenir flashdisk hubungi 08112058905/08112079792 atau email cs@mahada.id. (*)

WhatsApp chat