08112058905 cs@mahada.id
Buku Agenda - Asal Mula Kertas, Jenis dan Kegunaan pada Buku Agenda
08112079792 cs@mahada.id

Jika Anda ingin membeli buku agenda, Anda pasti akan ikut memperhatikan pula jenis kertas yang digunakan pada buku agenda tersebut. Secara sadar atau tidak, Anda akan mempertimbangkan kertas yang digunakan pada buku agenda, sampai Anda memutuskan membelinya atau tidak.

Secara global, di tahun 2019, Indonesia menempati peringkat ke 10 terbesar dalam industri pulp dan menempati posisi ke 6 dalam industri kertas. Sedangkan, di wilayah Asia sendiri, posisi Indonesia berada pada peringkat 3 untuk industry pulp dan peringkat 4 industri kertas terbesar.

Meski zaman sudah memasuki era digital, namun kertas masih banyak dibuat demi memenuhi berbagai kebutuhan. Ada banyak jenis kertas yang telah diproduksi manusia. Jenis kertas digolongkan menurut fungsi, tekstur, ukuran, ketebalan dan warnanya.

Kertas HVS untuk Isi Buku Agenda atau Notes
Kertas HVS untuk Isi Buku Agenda atau Notes

Jenis-Jenis Kertas

Jenis kertas berdasarkan fungsinya, di antaranya kertas kado, kertas tulis, kertas pembungkus, kertas majalah (art paper), kertas tisu, dan sebagainya.

Secara tekstur, kertas dibedakan sebagai berikut.

  1. Kertas halus. Seperti kertas gambar, HVS, kertas tisu, karton manila, dan kertas marmer.
  2. Kertas kasar. Seperti kertas roti, kertas daur ulang, kertas merang, kertas krep.
  3. Kertas licin. Seperti kertas film, art paper, dan kertas minyak.
  4. Kertas gelombang. Seperti kertas jeruk.

Kertas yang sering digunakan adalah kertas A4. Kertas ini bayak digunakan untuk kertas tulis, kartu, dokumen percetakan, amplop, juga aplikasi digital seperti Microsoft word atau excel.

Berdasarkan ukuran standar yang ditetapkan ISO (Internasional Organization for Standardization), di antaranya kertas ukuran seri A yakni A0, A1, A2, A3, A4, A5, A6, A7, A8, A9, dan A10.  Ukuran kertas ini merupakan ukuran yang ditentukan dari separuh ukuran kertas sebelumnya pada dimensi yang lebih besar. Ukuran kertas A0 sendiri dalam cm (centimeter) adalah 84,1 x 118,9 cm, atau setara dengan satu meter persegi.

Selain ukuran seri A, ukuran kertas seri lainnya yaitu;

  1. seri B, biasa digunakan untuk poster dan lukisan dinding. Besarnya kira-kira di tengah antara 2 ukuran seri A.
  2. seri C, biasa digunakan untuk map, kartu pos, dan amplop.
  3. seri R, biasa digunakan untuk kertas foto atau untuk mencetak foto
  4. seri F, atau disebut folio. Biasa digunakan untuk perkantoran dan fotocopy.
  5. Seri kertas lain yaitu ukuran kertas letter, legal, kwarto (sedikit lebih kecil dari A4), A4+, dan A3+.
Souvenir Buku Agenda Kulit Isi Custom Full Color
Souvenir Buku Agenda Kulit Isi Custom Full Color

Jenis Kertas Isi Buku Agenda

Buku agenda umum digunakan dalam dunia bisnis. Baik untuk kelengkapan administrasi perkantoran, buku agenda pun digunakan untuk mencatat aktivitas harian atau hasil rapat. Buku agenda pun banyak dipesan khusus untuk kebutuhan pegawai atau digunakan sebagai souvenir.

Berikut ini jenis kertas yang bisa digunakan sebagai buku tulis atau isi buku agenda atau jurnal.

  1. HVS. Yang paling umum digunakan adalah kertas HVS, dengan gramatur mulai dari 60 gsm, 70 gsm, 80 gsm dan 100 gsm. HVS 70 gsm biasa digunakan sebagai isi buku. Karena ketebalannya relatif lebih ideal.
  2. Book paper (kertas novel). Kertas ini disebut book paper atau kertas novel, karena sering dipakai untuk mencetak buku-buku novel. Kertas ini memiliki karakteristik khas dengan warnanya yang kekuningan atau krem. Beberapa ada yang agak buram. Beratnya lebih ringan dan nyaman disentuh. Gramaturnya mulai dari 55 gsm, 57,5 gsm, dan 70 gsm.
  3. Kertas buram atau kertas daur ulang. Kertas ini seringnya digunakan sebagai kertas coretan. Namun kertas ini juga digunakan untuk buku tulis atau buku memo atau block note.(*)
WhatsApp chat