08112058905 cs@mahada.id
Pusat Cetak Souvenir Flashdisk Custom Bergaransi Free Ongkir Jakarta
08112058905 happy@mahada.id

Souvenir Flashdisk – 11 Cara Agar Flash Disk Anda Tahan Lama

Flash disk merupakan perangkat yang memiliki ukuran yang kecil, sehingga rentan mengalami kerusakan. Oleh karenanya diperlukan tindakan atau cara-cara untuk memperpanjang usia sebuah flash disk. Terlebih jika flash disk tersebut menyimpan data dan file penting.

Berikut 11 cara yang dapat membantu Anda dalam merawat flash disk.

  1. Tidak melakukan defrag.

Defrag atau defragment adalah proses yang dilakukan untuk merapikan dan menyusun file dalam sector disk agar sektor-sektor kosong dan sektor-sektor yang terisi dalam disk tersusun secara urut sehingga alokasi sektor tidak berantakan.

Defragment biasa dilakukan untuk mempercepat kinerja hardisk pada komputer. Berbeda dengan hardisk, flash disk tidak memerlukan langkah ini. Karena data yang ada di flash disk disimpan di flash cell.

Melakukan defrag pada flash disk justru akan memperpendek usia flash disk. Sebab, proses defrag memboroskan masa kerja baca-tulis flash disk. Usia flash disk dihitung dari jumlah baca-tulis. Sedangkan melakukan defrag sangat banyak proses baca-tulisnya.

  • Selalu lakukan eject sebelum mencabut flash disk.

Biasakan untuk tidak mencabut flash disk begitu saja setelah digunakan. Sebab mencabut flash disk tanpa prosedur yang benar dapat mengakibatkan kehilangan data dan memicu flash disk mengalami kerusakan.

  • Scan virus secara bertahap.

Flash disk sering digunakan untuk transfer file dari komputer satu ke komputer lain. Kegunaan ini menjadikan flash disk sangat rentan terhadap penyebaran virus. Untuk meminimalisir terjangkit virus, lakukan scan virus secara bertahap. Anda juga bisa memproteksi flash disk Anda dengan antivirus.

  • Tidak mengedit file di flash disk.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, flash disk memiliki usia yang tergantung dari penggunaan proses baca-tulisnya. Masa kerja flash disk berkisar antara 10.000-100.000 proses baca dan tulis. Dengan kata lain, setelah digunakan membaca dan menulis data selama itu, maka flash disk akan rusak atau kinerjanya tidak optimal.

Mengedit file langsung dari flash disk akan membuang-buang masa kerja flash disk. Hal yang harus dilakukan adalah memindahkan file terlebih dahulu ke komputer, barulah kemudian mengeditnya di komputer. Setelahnya Anda dapat memindahkannya kembali ke flash disk. Proses kerja ini hanya memerlukan 2 kali proses baca dan tulis.

  • Tidak sering mem-format.

Melakukan format pada flash disk memang salah satu cara paling cepat untuk membersihkan flash disk yang bermasalah.  Namun ada baiknya tidak sering melakukan format. Karena proses format yang terlalu sering dapat mengurangi usia dari flash disk. Lakukan format saat benar-benar dibutuhkan saja.

  • Tidak membiarkan flash disk menancap terlalu lama.

Saat Anda selesai menggunakan flash disk, segera lepas flash disk Anda tanpa lupa meng-eject-nya. Membiarkan perangkat terus menancap di pc atau laptop, sementara tidak ada aktivitas, komponen pada flash disk bisa rusak karena panas.

  • Menjauhkan dari medan magnet.

Beberapa benda elektronik seperti kipas angin, kulkas, tv, memiliki medan magnet yang cukup kuat. Medan magnet tersebut bisa memengaruhi komponen flash disk dan berpotensi memperpendek umur flash disk tersebut.

  • Hindari terkena benturan.

Flash disk biasanya memiliki body yang rawan terkena benturan. Hal ini jelas dapat merusak flash disk. Memilih flash disk dengan casing berbahan rubber bisa jadi antisipasi flash disk rusak karena pecah.

  • Usahakan port usb selalu tertutup.

Hati-hati dengan flash disk yang tidak memiliki penutup port usb. Atau malah Anda menghilangkan tutup port usb flash disk Anda. Soket flash disk yang terbuka dapat mengalami kerusakan karena bisa menyebabkan lapisan tembaga rusak, terjadi benturan, dan kemasukkan debu.

Souvenir Flashdisk Custom Kayu - IDENTITY
Souvenir Flashdisk Custom Kayu – IDENTITIES
  1. Simpan flash disk di tempat kering dengan suhu normal.

Flash disk sensitive terhadap suhu panas dan juga tidak tahan air. Untuk menjaga flash disk Anda aman, tempatkan flash disk di tempat yang kering dan dengan suhu normal.

  1. Berikan gantungan.

Flash disk memiliki ukuran yang kecil, sehingga kemungkinan luput dari pandangan besar. Ada baiknya Anda memberikan gantungan tali, dan mengaitkannya di tempat yang aman.

Melakukan 11 hal di atas sebenarnya tidaklah sulit. Anda hanya butuh kerajinan dan kesadaran dalam merawat flash disk Anda.

Apabila Anda membutuhkan flashdisk untuk kebutuhan instansi, intitusi maupun event, Mahada Indonesia siap membantu Anda. Anda dapat memesan secara custom dengan flash disk beragam bentuk, bahan dan kapasitas memori.(*)

WhatsApp chat