08112058905 cs@mahada.id
Percetakan Souvenir Buku Agenda Softcover Harcover Ring Berkualitas
08112079792 cs@mahada.id

Buku Agenda – Inilah 3 Hal yang Harus Anda Ketahui untuk Membuat Buku Agenda. Anda bisa mendesain buku agenda dengan mengetahui kategori cover, penjilidan, isi dan format dari buku agenda.

Sebagai alat yang berfungsi untuk mencatat kegiatan atau daftar hal-hal yang akan dilakukan, buku agenda menjadi kebutuhan penting bagi pelajar, pekerja atau siapapun yang memiliki jadwal padat. Untuk memaksimalkan kegunaan dari buku agenda, ada baiknya Anda selektif dalam memilih buku agenda.

Buku agenda memiliki ragam jenisnya, mulai dari cover hingga format isinya. Selain yang tersedia di pasaran, perusahaan-perusahaan juga biasa membuat buku agenda secara custom. Hal ini dengan tujuan untuk branding sekaligus media promosi bagi perusahaannya. Tak jarang, buku agenda pun diberikan cuma-cuma bagi customer maupun rekan bisnis.

Cover Agenda

Banyak sekali bahan yang digunakan untuk membuat cover buku agenda. Mulai dari bahan kertas lokal sampai kualitas import, dari yang halus, licin, hingga bertekstur seperti kain atau kulit. Namun berdasarkan jenis covernya, buku agenda terbagi menjadi dua:

  1. Soft Cover
Percetakan Buku Agenda
Souvenir Buku Agenda Softcover – Kementerian Komunikasi & Informasi Republik Indonesia

Soft cover pada buku agenda menggunakan kertas tipis. Kertas yang biasa digunakan untuk buku agenda yaitu art paper. Pada bagian cover ini, ada yang dilaminasi Doft/Glossy, ada juga yang tidak. Soft cover menjadi pilihan penjilidan yang ekonomis. Karena harganya yang lebih murah.

  • Hard Cover
Percetakan Buku Agenda
Souvenir Buku Agenda Hardcover – GOJEK

Kebalikan dengan soft cover, hard cover merupakan cover yang menggunakan bahan keras atau kaku. Hard cover bertujuan agar buku tidak mudah rusak dan lebih bertahan lama. Bahan yang biasa digunakan untuk hard cover, yakni kertas karton. Selain karton, ada pula yang berbahan kain dan kulit. Untuk penjilidannya, hard cover dapat memakai jilid spiral atau dijahit.

Jilid Agenda

Sama seperti buku pada umumnya, buku agenda dapat dijilid dengan kategori berikut:

  1. Spiral atau Ring

Penjilidan ini menggunakan logam atau kawat. Ada pula yang berbahan plastik. Penjilidan spiral memudahkan Anda membuka lembaran buku agenda tanpa harus menekuk atau melipat halamannya.

  • Blok Lem

Penjilidan ini dilakukan dengan menempelkan isi pada cover menggunakan lem. Penggunaan jilid lem ini dapat diterapkan pada hard cover maupun soft cover. Jilid blok lem juga bisa dikombinasikan dengan jilid jahit, untuk memperkuat penjilidan buku agenda yang memiliki isi tebal.

  • Benang/Jahit

Menggunakan jilid benang, biasa diterapkan untuk buku agenda berhard cover. Hal ini untuk memastikan buku tidak mudah rusak. Pengunaannya dengan menjahitkan benang pada bagian tengah halaman, kemudian direkatkan pada sampul.  Jumlah halaman yang dijahit, tergantung pada ketebalan kertas (gramatur). Semakin besar gramaturnya, semakin sedikit jumlah halaman yang dijahit.

  • Hekter/Staples

Istilah jilid hekter atau jilid staples, dalam dunia percetakan dikenal dengan jilid kawat. Penjilidan buku agenda ini biasanya dilakukan pada isi yang tipis. Antara 4-80 halaman. Jilid ini dilakukan dengan cara melipat kertas menjadi dua bagian, lalu menyatukan setiap lembarannya pada bagian tengah. Jilid hekter juga bisa dikombinasikan dengan jilid benang atau jahit.

Isi dan Format

Umumnya buku agenda menggunakan kertas HVS sebagai isinya. Untuk gramaturnya tersedia mulai dari 60 gram, 70 gram, hingga 100 gram. Jika Anda ingin meningkatkan branding bisnis Anda, Anda bisa mengaplikasikan logo atau brand perusahaan Anda pada setiap halaman isi agenda.

Sedangkan format dari isi agenda juga bisa beragam, tergantung kebutuhan. Di bidang kearsipan, buku agenda memiliki beberapa format khusus.

  1. Format agenda tunggal

Format agenda tunggal ini digunakan untuk mencatat surat masuk dan keluar secara berurutan dalam buku yang sama. Yang membedakan surat masuk dan keluar dari kolom kode masuk dan keluar.

  • Format agenda berpasangan

Buku agenda dengan format berpasangan, memuat tabel surat masuk dan keluar pada buku yang sama, hanya pada setiap halamannya berisi dua tabel. Satu tabel untuk surat masuk, tabel lainnya untuk surat keluar.

  • Format agenda kembar

Buku agenda format ini merupakan dua buku yang masing-masing  dikhususkan untuk mencatat data surat masuk dan keluar secara terpisah. Format buku agenda ini cocok untuk perusahaan yang memiliki lalu lintas surat tinggi, sehingga memudahkan pencarian data.

Selain format di atas, Anda bisa mendesain format isi buku agenda sesuai kebutuhan perusahaan Anda. Seperti hanya memuat format garis, tabel jadwal harian, pekanan, atau bulanan, hingga blank note.

Untuk membuat buku agenda sesuai kebutuhan pribadi maupun perusahaan Anda, Mahada.id merima pembuatan buku agenda custom maupun buku agenda ready stock. (*)

WhatsApp chat