08112058905 cs@mahada.id
Masker Kain - Etika Batuk dan Bersin Guna Mencegah Virus Corona
08112058905 happy@mahada.id

Masker Kain – Virus corona mengundang kepanikan ketika awal-awal virus tersebut mewabah di berbagai negara. Tak terkecuali Indonesia.

Untuk mencegah penularan penyakit melalui saluran pernapasan ini, setiap orang hendaknya wajib melakukan etika batuk dan bersin.

  1. Menutup mulut dan hidung menggunakan tisu atau lengan baju bagian dalam saat batuk atau bersin. Atau menutup hidung dan mulut menggunakan siku bagian dalam.
  2. Membuang tisu yang sudah digunakan ke tempat sampah.
  3. Mencuci tangan pakai sabun minimal 20 detik atau bersihkan tangan dengan gel sanitasi berbasis alkohol minimal 30 detik.
  4. Saat batuk, pilek, atau sakit pernapasan, hendaknya jangan menutup batuk atau bersin dengan telapak tangan. Sebab kuman dapat menempel di tangan. Terlebih jika Anda lalai dalam mencuci tangan.
  5. Sebab, apabila tidak segera dibersihkan, penyakit dapat menular melalui kuman yang ada di tangan dan menempel serta berkembang pada benda-benda yang Anda sentuh.

Bersin Mengeluarkan Kuman Lebih Banyak

Souvenir Powerbank Custom - Kepri
Souvenir Powerbank Custom – Kepri

Saat batuk dan bersin, ribuan hingga jutaan kuman dapat terbang ke udara. Seperti yang kami rangkum dari laman kompas, yang melansir Business Insider, di dalam paru-paru tubuh terdapat setengah liter cairan.

Apabila batuk atau bersin, lendir tersebut keluar berupa percikan cairan (droplet) yang dipenuhi kuman.

Dilansir dari Verywelll Health, sebuah studi menyatakan bersin lebih berpotensi menyebarkan kuman ketimbang batuk.

Bersin dapat menyemprotkan droplet dengan kecepatan 30 meter per detik. Partikel percikan yang besar, umumnya dapat bertahan selama beberapa detik di udara dan dapat mendarat sejauh 1,8 meter.

Namun partikel percikan yang berukuran lebih kecil, dapat bertahan di udara sampai 24 jam dan dapat menyemprot sejauh delapan meter. Hal tersebut dibuktikan oleh ahli dari MIT (Massachusetts Institute of Technology) yang meneliti terkait bersin dan batuk.

Gunakan Masker Kain

Seperti yang telah diketahui bersama, saat pandemi virus corona covid-19, masker bedah yang disinyalir menjadi masker yang paling dianjurkan dikenakan untuk mencegah penyebaran virus ini, lebih diprioritaskan  bagi tenaga medis maupun pasien.

Sebagai alternatif, masker kain pun menjadi alat yang dapat dipakai oleh masyarakat umum.

Hingga kini belum ada studi terkait desain atau model masker kain untuk covid-19. Namun yang pasti, masker tersebut harus dapat menutup bagian atas hidung hingga area dagu.

Saat ini Mahada Indonesia menyediakan beragam masker yang dapat Anda pesan untuk kebutuhan custom. Dengan cara dibordir, Anda dapat menyertakan logo perusahaan atau komunitas Anda pada masker yang dipesan.

Untuk sementara ini terdapat 3 jenis masker kain yang dapat Anda pesan custom di Mahada Indonesia.

Di antaranya masker kain 1 layer model earloop, masker kain plus face shield, dan masker kain 2 layer model ikat yang dapat dimasukkan filter atau tisu.

Bagi Anda yang berminat dapat langsung menghubungi kami segera melalui kontak yang tersedia.(*)

WhatsApp chat