08112058905 cs@mahada.id
Masker Kain, Alternatif Mencegah Penularan Virus Corona

Masker Kain – Pada kasus pandemi covid-19, infeksi virus ini masuk ke dalam tubuh melalui mulut, hidung dan mata.

Penularan virus ini pun diketahui dari tetesan liur yang keluar ketika bicara, batuk dan bersin. Sehingga, masker dibutuhkan dalam usaha pencegahan penyebaran virus yang menyebabkan pneumonia ini.

Pemerintah pun menganjurkan masyarakat untuk menggunakan masker, terutama saat bepergian atau ke luar rumah.

Namun dikarenakan masker bedah yang umumnya dapat mudah ditemui di pasaran dengan harga murah, mengalami kelangkaan. Sebabnya tiada lain karena kebutuhan yang meningkat. Sedangkan masker N95 pun bukan jenis masker yang nyaman dan murah.

Berdasarkan hal tersebut, masyarakat yang tidak sedang sakit, atau bekerja sebagai tenaga kesehatan, disarankan untuk menggunakan masker kain. Masker kain tidak hanya menjadi alternatif yang cukup efektif dalam pencegahan penularan, namun juga masker ini dapat dibuat sendiri.

Menambah Filter pada Masker Kain

Kalender Meja Custom Mahada Indonesia
Cetak Kalender Meja Custom Mahada Indonesia

Masker kain memang dapat menjadi alternatif dalam mencegah penyebaran virus corona. Namun, tentunya tidak sembarang bahan dapat digunakan. Sebaiknya menggunakan jenis bahan yang tebal, atau memakai masker kain dengan filter.

Dikutip dari Today, yang diambil dari laman detik, menurut Dr. Scott Segal, ahli anestesti di Wake Forest Baptist Health di Winston-Salem, Caronlina Utara, filter atau lapisan penyaring pada masker kain akan meningkatkan kemampuan masker tersebut.

Segal sendiri telah melakukan penelitian mengenai efektivitas bahan masker selama beberapa minggu terakhir.

Joel Burken, Ph.D, ketua departemen teknik sipil, arsitektur, dan lingkungan di Missouri University of Science and Technology mengatakan, apabila masker tersebut terbuat dari bahan yang tipis, atau memiliki tenunan yang lebih longgar, maka hal tersebut kemungkinan tidak mampu menangkap banyak partikel seukuran aerosol, termasuk virus covid-19.

Menurutnya, lapisan penyaring atau filter pada masker adalah lapisan yang dapat menangkap sebagian besar partikel virus. Sehiangga jika Anda menginginkan perlindungan ekstra saat berada di luar rumah, Anda dapat memilih masker yang tebal atau memiliki lapisan penyaring atau filter di dalamnya.

Dalam penggunaan masker ini, berdasarkan arahan Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 BNPB, Wiku Adisasmito, tidak lebih dari 3-4 jam. Jangan lupa untuk langsung mencuci tangan dengan sabun, sehabis melepas dan menyimpan masker untuk dicuci.(*)

Kirim Whatsapp
Butuh Respon Cepat? Chat Sekarang!
FAST RESPOND WHATSAPP
Spesialis Paket Souvenir Seminar & Gift Sets Custom Indonesia