08112058905 cs@mahada.id
Kertas Agenda - Ketahui Sejarah Kertas & Cetak Custom Isi Buku Agenda
08112079792 cs@mahada.id

Kertas agenda kerja untuk buku agenda diperlukan kertas agenda yang nyaman digunakan, tidak mudah robek, dan dapat menyerap tinta dengan baik.

Sejarah Singkat Kertas

Sebelum kertas ditemukan, manusia menggunakan batu, tulang, daun, logam, kayu dan juga kulit. Di zaman Romawi kuno, buku-buku besar tersusun dari lembaran-lembaran kayu telah dipakai sebelum masa Homer (abad ke 9 SM). Bahan utamanya berasal dari kotak kayu dan pohon-pohon citron. Setiap kayu biasanya ditutup dengan suatu lapisan kayu halus tipis dari lilin, kapur atau plester, dan tanda-tanda atau tulisan ditorehkan pada lapisan itu dengan menggunakan sebuah logam atau tulang yang berbentuk lancip.

Di timur, tulisan-tulisan ditulis pada bilah-bilah bambu kering yang diikat membentuk bundel. Menulis pada daun-daun dan beberapa jenis tumbuhan juga telah dilakukan Romawi dan negara-negara timur terdekat.

Daun-daun palem yang lebar dan berstrip-strip, digabung dan dipotong sekitar 2 inchi. Setiap lembar daun ditusuk dengan 2 lubang untuk kemudian diikat dengan tali menjadi buku. Pemakaian daun-daun ini yang akhirnya memunculkan istilah leaf. Loose leaf, istilah ini umum digunakan untuk menyebut isi buku yang menggunakan ring atau binder.

Buku Agenda Kulit Binder Custom dengan Loose Leaf HVS
Buku Agenda Kulit Binder Custom dengan Loose Leaf HVS

Di zaman Mesir kuno, telah dikenal media tulisan menggunakan bahan dari tanaman papyrus. Media tulisan yang terbuat dari batang tanaman papyrus ini lebih mirip dengan kertas modern. Kata Bahasa inggris untuk paper pun di ambil dari Bahasa latin tanaman ini, papyrus. Di Indonesia tanaman ini dikenal dengan nama lontar.

Sejarah mencatat, tokoh penemu kertas modern untuk pertama kali adalah Tsai Lun, dari bangsa China yang hidup pada masa kekaisaran Ho-Ti dari dinasti Han, pada 101 M. Tsai Lun membuat kertas dari kulit pohon murbei. Kulit pohon murbei ini direndam, lalu dipukul-pukul hingga seratnya lepas. Bersama kulit, direndam juga bahan rami, kain bekas, dan jala ikan. Setelah menjadi bubur, bahan ini ditekan hingga tipis dan dijemur.

Penemuan kertas ini kemudian menyebar ke daerah Arab di masa dinasti Abbasiyah, setelah sekitar 5 abad bangsa China menjaga rahasia cara pembuatan kertas. Industri-industri kertas kemudian dibangun di Baghdad dan Samarkand, sampai ke seluruh jazirah Arab. Bangsa Arab menguasai pengetahuan ini hingga abad ke 15.

Bangsa Eropa mengenal kertas dari bangsa Arab setelah terjadinya perang salib. Barat mempelajari tata cara pembuatan kertas setelah menginvasi Andalusia dari kekuasaan Islam. Setelahnya, Barat mengambil alih dominasi industri kertas. Pabrik kertas pertama di Eropa berdiri di Fabrino, Italia pada 1276 M.   

Kemajuan Barat semakin berkembang pesat ketika Johann Gutenberg menemukan mesin cetak. Dari penemuan ini, buku dapat diproduksi sebanyak-banyaknya.

Seiring perkembangan teknologi, kertas sekarang memiliki kualitas yang lebih baik dan dapat diproduksi besar-besaran. Bahan bakunya pun beragam, sehingga kita bisa mengenal berbagai jenis kertas yang telah disebutkan sebelumnya.

Percetakan Buku Agenda
Souvenir Buku Agenda Custom Hardcover – GOJEK

Cetak Custom Buku Agenda

Mahada Indonesia melayani pembuatan buku agenda untuk berbagai kebutuhan Anda. Anda dapat memesan buku agenda secara custom. Anda juga dapat memesan buku agenda di Mahada Indonesia menggunakan berbagai jenis kertas sesuai kebutuhan Anda.

Selain buku Agenda, Mahada Indonesia juga melayani kebutuhan pembuatan berbagai souvenir promosi, seperti tas, kalender, power bank, tumbler, flash disk kartu, pulpen, gantungan kunci dan masih banyak lagi.

Mahada Indonesia telah dipercaya berbagai komunitas, intitusi dan instansi, baik pemerintah maupun swasta dalam pembuatan souvenir promosi. Segera hubungi customer kami untuk konsultasi produk maupun penawaran harga terbaik yang bisa Anda dapatkan.(*)

WhatsApp chat