08112058905 cs@mahada.id
Jangan Gunakan Hand Sanitizer Berlebihan Jika Tidak Mau Begini

Mahada Indonesia – Beberapa bulan terakhir, hand sanitizer populer di masyarakat setelah virus corona jenis baru mulai menjangkiti berbagai negara. Keberadaanya pun seketika menjadi langka, disebabkan panic buying yang dilakukan sebagian masyarakat.

Namun setelah gencar edukasi terkait kebutuhan hand sanitizer untuk membersihkan tangan, saat ini cairan pembersih tangan tersebut pun mulai tersedia normal kembali di pasaran.

Hand sanitizer memang menjadi solusi praktis dalam membersihkan tangan. Terlebih ketika dalam keadaan darurat, tidak mendapati air dan sabun untuk mencuci tangan. Cairan atau gel pembersih tangan ini umumnya mengandung alkohol 60-70%.

Penggunaan sanitizer tangan menjadi salah satu alternatif dalam mencegah penyebaran virus corona jenis baru, covid-19.

Buku Agenda Kulit Custom
Custom Buku Agenda Tahunan Perusahaan

Hanya saja, ternyata ada efek samping dari pemakaian hand sanitizer. Terutama jika digunakan terlalu sering atau dengan jumlah yang berlebihan.

Berikut ini beberapa efek samping pemakaian hand sanitizer yang Mahada Indonesia himpun melalui media Kompas, yang melansir The Health Site.

  • Keracunan Alkohol

Seperti yang telah diketahui bahwa cairan pembersih tangan mengandung bahan aktif. Yaitu alkohol yang berguna membunuh bakteri dan virus penyebab penyakit. Meski tidak terlalu tinggi, tetapi kandungan alkohol tersebut masih bisa menyebabkan keracunan.

Para ahli percaya bahwa beberapa tetes hand sanitizer, setara dengan suntikan alkohol. Oleh karenanya, hendaknya menggunakan hand sanitizer sewajarnya saja.

  • Resistensi Antibiotik
Souvenir Buku Agenda Custom
Buku Agenda Custom Binder Batik Kulit

Antibiotik bermanfaat membantu melawan pertumbuhan bakteri dalam tubuh. Hanya saja, kandungan triklosan dalam hand sanitizer bisa membuat tubuh resisten terhadap antibiotik.

Hal ini menjadi penyabab mengapa pemakaian cairan atau gel pembersih tangan berlebihan, bisa ikut membunuh bakteri baik dalam tubuh yang membantu memerangi infeksi.

  • Ganguan Hormon

Triklosan dalam sanitizer tangan juga disebutkan bisa menggangu sistem hormone dalam tubuh. beberapa riset membuktikan, triklosan bisa menyebabkan bakteri beradaptasi dengan antimikroba.

Secara perlahan, hal tersebut akan menyebabkan fluktuasi hormone. Ketidakseimbangan hormon ini dapat menyebabkan infeksi dan penyakit.

  • Melemahnya Sistem Imun

Secara alami, Sistem kekebalan tubuh bekerja otomatis melawan penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Namun pemakaian sanitizer tangan berlebihan, bisa membuat sistem imun tidak menemukan entitas berbahaya untuk dilawan.

Pada kurun waktu tertentu, hal tersebut dapat menyebabkan imun melemah. Tubuh menjadi mudah terserang penyakit.

  • Dermatitis Kontak

Alkohol yang terkandung dalam cairan atau gel pembersih tangan, bisa menghilangkan minyak alami pada kulit. Akibatnya, kulit pun menjadi mudah iritasi. Kandungan asam dari hand sanitizer juga bisa membuat kulit dehidrasi dan menyebabkan dermatitis kontak.(*)

Kirim Whatsapp
Butuh Respon Cepat? Chat Sekarang!
FAST RESPOND WHATSAPP
Spesialis Paket Souvenir Seminar & Gift Sets Custom Indonesia