08112058905 cs@mahada.id
Desain Custom Tote Bag - Antara Kantong Plastik atau Spunbond

Desain Custom Tote Bag – Isu terkait polusi sampah plastik sudah menjadi sorotan sejak bertahun-tahun yang lalu. berdasarkan penelitian yang dilakukan Jenna R. Jambeck dari University of Georgia, di tahun 2010 ada 275 juta ton sampah plastik yang dihasilkan di seluruh dunia. sekitar 4,8-12,7 juta ton di antaranya terbuang dan mencemari laut.

Indonesia sendiri memiliki populasi pesisir sebesar 187,2 juta, yang mana tiap tahunnya menghasilkan 3,22 juta ton sampah plastik yang tak terkelola dengan baik. 0,48-1,29 juta tonnya diduga telah mencemari lautan.

Ancaman Dunia

Goodiebag Spunbound Custom untuk Souvenir Seminar
Goodibag Paket Souvenir Seminar

Sampah plastik dikatakan sebagai ancaman dunia modern. Sampah ini banyak tersebar di jalan, sungai, laut dan tentunya membahayakan kehidupan binatang, serta pada gilirannya manusia juga. Plastik memang bisa terurai. Namun butuh waktu yang sangat lama, hingga ratusan tahun.

Belakangan baru ada penelitian yang menyebutkan, ada plastik yang ternyata dapat terurai lebih cepat daripada yang diperkirakan selama ini.

Salah satu penyumbang sampah plastik terbesar adalah kantong plastik sekali pakai. Umumnya kantong plastik belanja ini terbuat dari HDPE (high density polyethylene). Plastik belanja ini memiliki karbon footprint yang lebih rendah dibandinngkan kantong kertas.

Meski begitu, fakta bahwa plastik diambil dari minyak bumi yang jumlahnya terbatas, tentu jika diambil terus menerus, akan berdampak buruk juga bagi lingkungan.

Tas Spunbond

Kantong alternatif berbahan non-woven poly propylene (PP) atau spunbond, diciptakan lebih kuat jika dibandingkan kantong plastik. Tas ini juga didesain untuk dipakai ulang. Namun memang, jenis ini kualitasnya berbeda-beda.

Tas Goodie Bag Promosi
Tote Bag untuk Souvenir Promosi

Kantong tas non-woven yang kualitasnya rendah, akan mudah robek, atau talinya gampang putus. Jadi bisa rusak lebih cepat. Kantong tas spunbond ini, setidaknya dapat digunakan berulang kali, minimal 6 sampai 52 kali.

Komitmen dan Optimalisasi

Pada dasarnya, semua material yang dipakai untuk kantong belanja, atau kantong tas ini, memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Untuk menyebut mana pilihan yang lebih baik, adalah bagaimana kita dapat menggunakan setiap kantong tas dengan semaksimal mungkin.

Karena untuk jadi ramah lingkungan, ternyata tidak terbatas pada terbuat dari bahan apa kantong tas itu. Namun hal itu sangat bergantung juga pada kebijakan masing-masing personal dalam menggunakan sesuatu.

Tas spunbond mungkin bisa digunakan berkali-kali (reusable). Namun jika kita memakainya  hanya sekali, dan tidak memanfaatkannya dengan seoptimal mungkin, maka tas tersebut menjadi tidak ramah lingkungan.

_ _ _ _ _

Butuh Tote Bag untuk goodiebag? Souvenir promosi atau merchandise? Desain custom tote bag Anda dan cetak di Mahada Indonesia.

08112058905 | happy@mahada.id

08112079792 | smile@mahada.id