08112058905 cs@mahada.id
Cetak Souvenir Custom - Lahirnya Mesin Cetak Modern Pertama
08112058905 happy@mahada.id

Cetak Souvenir Custom – Cetak mencetak tidak lepas di kehidupan manusia saat ini. Banyak produk yang dihasilkan dari percetakan. Mulai dari buku, perabot, fashion hingga akesesori, bisa dicetak dengan mesin cetak tertentu.

Mesin cetak bergerak pertama kali diketahui ditemukan oleh Johann Gutenberg, di tahun 1450an. Gutenberg lahir di Jerman, tepatnya di kota Mainz. Ia membuat mesin cetak.

Produk cetaknya yang terkenal adalah Bible Gutenberg. Bible ini dibuat tanggal 15 Agustus 1456 dan dianggap sebagai buku bercetak tertua di dunia barat.

Membuat Surat Pengampunan

Percetakan Offset dan Digital Printing Mahada Indonesia
Pencetakan Logo Flashdisk Kartu Custom

Gutenberg awalnya bekerja sebagai tukang emas sejak usia remajanya. Namun di tahun 1411, terjadi pemberontakan di Mainz. Kejadian tersebut mengakibatkan dirinya pindah ke Strashbourg. Di sana ia mencari nafkah dengan membuat barang-barang dari logam.

Profesi sebelumnya sebagai tukang emas, membuat dirinya punya banyak ide dalam mengolah logam. Ia bisa menghasilkan perhiasan kecil dari kaca dan dijual ke para biarawan. Selama 20 tahun, ia menghabiskan waktunya di Strashbourg, lalu kembali ke Mainz dan menjadi tukang emas lagi.

Suatu waktu ia sedang membuat surat pengampunan. Lalu tercetuslah ide membuat mesin cetak dari logam. Hal ini didasari karena menulis dengan tulisan tangan bergaya skrip gotik sering terjadi kesalahan dalam penyalinan.

Dari sana Gutenberg kemudian membuat huruf dari logam. Ia menggunakan timah hitam untuk membentuk huruf skrip gotik. Gutenberg mampu menghasilkan hampir 300 bentuk huruf, guna meniru tulisan tangan yang bersambung.

Mencetak Bible

Setelah menyempurnakan mesin cetaknya, Gutenberg di tahun 1452 mendapat pinjaman uang dari Johannes Fust untuk proyek percetakan bible.

Proses Cetak Logo Laser Tumbler Custom
Laser Grafir Tumbler Custom

Sebanyak dua ratus jilid Salinan Bible Gutenberg berhasil dicetak dengan mesin buatannya. Sebagian kecil alkitab ini dicetak di atas kulit lembu muda.

Bible ini dipamerkan di pameran buku Frankfurt, di tahun 1456 dan dijual dengan harga yang cukup mahal. Hingga sekarang disebut hampir seperempat Bible masih terawat.

Selain Alkitab, Gutenberg juga mencetak Ensiklopedia Catholicon of Johannes de Janua. Buku ini setebal 748 halaman dengan 2 kolom tiap halaman, dan terdiri 66 baris di setiap satu kolom.

Johannes Guttenberg meninggal tahun 1468, dan dimakamkan di gereja Franciscan, Mainz, Jerman.

Cetak Souvenir Custom

Sebagai salah satu bentuk kemajuan mesin cetak, Anda dapat mencetak bergam souvenir secara custom. Beragam souvenir dengan berbagai macam material, bisa Anda dapatkan di Mahada Indonesia. Seperti bolpoin, buku agenda, tumbler, flashdisk, powerbank, dan sebagainya.

Mahada Indonesia melayani berbagai jenis teknik cetak, offset, sablon, digital print, hingga laser engraving. Konsultasi dan pemesanan cetakĀ  souvenir custom, hubungi nomor WhatsApp 08112058905/08112079792 atau email cs@mahada.id.(*)

WhatsApp chat