08112058905 cs@mahada.id
Cetak Logo Flashdisk - Tips Kembalikan File yang Hilang di Flashdisk
08112058905 happy@mahada.id

Cetak Logo Flashdisk – Pernah alami menyimpan file dalam flashdisk, namun tiba-tiba Anda file tersebut raib entah kemana. Padahal Anda tidak menghapusnya?

Sudah bukan hal yang mengherankan jika sebuah benda elektronik mengalami kerusakan atau eror. Tak terkecuali flashdisk. Hampir semua orang di era ini memiliki benda mungil tersebut. Sebagaimana fungsi dasarnya, flashdisk banyak dipakai oleh pekerja maupun pelajar.

Benda tersebut sangat berguna sebagai penyimpan portabel data digital. Seperti dokumen, video, musik, foto dan sebagainya. Tak jarang, flashdisk banyak mampir ke banyak port. Flashdisk juga dilepas tanpa melalui prosedur yang seharusnya.

Hal-hal tersebut bisa jadi penyebab rusaknya flashdisk. Untuk itu, ada baiknya Anda secara rutin menjaga kesehatan flashdisk Anda. Akibat dari kerusakan tersebut, tentu berdampak pada data-data yang tersimpan dalam flashdisk Anda. Salah satunya adalah file yang tiba-tiba hilang.

Souvenir Gift Flashdisk OTG Custom
Souvenir Gift Flashdisk OTG Custom

Pakai Recuva

Flashdisk pada dasarnya tidak memilki pengaturan khusus untuk bisa mengembalikan data yang hilang. Mengakalinya, Anda dapat memakai Recuva demi mengembalikan data yang hilang dari flashdisk. Recuva sendiri merupakan software yang di install di komputer.

Cara menggunakannya, simak langkah berikut.

  1. Colokkan flashdisk pada komputer atau laptop yang telah di install software Recuva.
  2. Buka software, pilih All Files, klik Next.
  3. Pada tampilan File Location, pilih In A Spesific Location, lalu Browse dan pilih Drive USB Flashdisk. Lalu klik Next.
  4. Di tampilan selanjutnya, centang pilihan Enable Deep Scan, kemudian klik Start.
  5. Tunggu beberapa waktu sampai Recuva selesai melakukan scan.
  6. Jika sudah selesai, akan tampil file berwarna hijau, kuning, dan merah. File hijau berarti bisa dikembalikan lagi. kuning berarti bisa dikembalikan namun kemungkinan file rusak. Sedangkan file berwarna merah berarti sudah tidak dapat dikembalikan lagi.
  7. Pilih file yang akan dikembalikan. Centang pada kotak yang tersedia, lalu klik Recover.

Tidak semua file yang hilang memang bisa kembali secara sempurna. Namun dengan software ini, peluang file yang hilang bisa kembali sangat besar. Jadi pastikan Anda melakukan recovery jika menyadari ada file yang hilang dengan pakai software tersebut.(*)

WhatsApp chat