Bisnis travel umroh merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan, mengingat hampir 90% masyarakat Indonesia beragama islam, hal inilah yang membuat ibadah umroh ke tanah suci menjadi bisnis potensial.
Namun, bisnis ini juga memiliki tantangan tersendiri, yaitu bagaimana mempromosikan travel umroh agar dapat menarik minat dan kepercayaan calon jamaah. Promosi yang efektif dan kreatif dapat menjadi kunci sukses bisnis travel umroh.
Lalu, bagaimana cara promosi travel umroh yang baik? Berikut adalah 6 cara promosi travel umroh yang dapat Anda coba:
1. Promosi dengan Kalender
Salah satu cara promosi travel umroh yang sederhana namun efektif adalah dengan menggunakan kalender. Anda dapat membuat kalender yang berisi informasi tentang paket umroh, jadwal keberangkatan, fasilitas, dan testimoni dari jamaah yang sudah berangkat.
Kalender ini dapat dibagikan kepada calon jamaah, mitra kerja, atau komunitas yang berpotensi menjadi pelanggan. Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan awareness dan trust terhadap travel umroh.
Kelebihan menggunakan kalender custom sebagai alat promosi adalah harganya yang terjangkau, bertahan lama, dan bisa diproduksi massal dengan cepat.
Anda dapat menambahkan profil perusahaan, nomor kontak, paket dan layanan travel umroh yang anda tawarkan, dan masih banyak lagi. Ada beberapa tipe kalender yang digunakan untuk promosi, seperti kalender meja, kalender dinding, kalender duduk, dan kalender custom lain.
Jika anda memerlukan kalender untuk promosi, kami menyediakan beragam kalender, silakan lihat katalog kalender custom kami disini.
Contoh Kalender Promosi


2. Membagikan Brosur

Brosur merupakan media promosi yang klasik namun tetap relevan. Anda dapat membuat brosur yang menarik dan informatif, yang berisi tentang keunggulan travel umroh, harga yang kompetitif, dan kontak yang mudah dihubungi.
Brosur ini dapat disebarkan di tempat-tempat strategis, seperti masjid, sekolah, kantor, atau pusat perbelanjaan. Selain itu, Anda juga dapat bekerja sama dengan agen-agen yang dapat membantu dalam mendistribusikan brosur.
3. Membuat Akun Media Sosial

Media sosial merupakan salahsatu platform yang paling populer dan efisien untuk berpromosi. Dengan membuat akun media sosial, seperti Facebook, Instagram, atau YouTube, dapat membantu mempromosikan travel umroh and secara efisien.
Untuk menggapai target audiens yang tepat, anda bisa mulai memposting konten-konten yang bermanfaat dan menarik, seperti foto-foto kegiatan umroh, infografis, video testimoni jamaah, tips-tips umroh, atau informasi terbaru seputar umroh.
Perlu diingat interaksi di media sosial juga harus diperhatikan, karena interaksi yang baik dengan calon jamaah melalui komentar, pesan, atau live chat dapat meningkatkan peluang meningkatkan jamaah.
4. Membuat Website

Website merupakan salah satu media promosi yang profesional dan kredibel. Perkembangan digital yang massif membawa website menjadi hal wajib yang harus dimiliki untuk perusahaan. Website berfungsi untuk menampilkan informasi perusahaan, seperti profil perusahaan, visi dan misi, legalitas, paket umroh, jadwal keberangkatan, fasilitas, biaya, dan cara pendaftaran.
Anda juga dapat menyertakan testimoni dari jamaah yang sudah berangkat, galeri foto dan video, serta blog yang berisi artikel-artikel bermanfaat tentang umroh.
5. Beriklan di Media Sosial

Selain membuat akun sosial media, Anda juga bisa memanfaatkan fitur iklan yang disediakan oleh platform media sosial, seperti Facebook Ads, Instagram Ads, atau YouTube Ads.
Dengan beriklan di sosial media, tentu dapat menjangkau audiens atau calon jamaah yang lebih luas dan spesifik, sesuai dengan target pasar dan geografi yang ingin dicapai.
Promosi menggunakan iklan media sosial sangat menguntungkan, namun jika Anda tidak hati-hati dan tidak mengetahuinya yang ada bukan untuk tapi buntung. Hal ini karena biaya iklan di media sosial itu tidak murah.
6. Pemasangan Iklan di Billboard

Cara promosi travel umroh yang terakhir adalah dengan memasang iklan di billboard pinggir jalan. Billboard sendiri merupakan media promosi offline yang memiliki daya tarik visual yang tinggi. Dan dapat menjangkau banyak orang, terutama di lokasi-lokasi ramai, seperti jalan raya, persimpangan, atau terminal.
Kelebihan dari billboard itu Efektif secara jangakau tapi tidak efektif secara target dan juga biaya yang harus dikeluarkan untuk memasang Billboard cukup mahal. Jadi, bagi anda yang ingin mempromosikan bisnis travel umrohnya lewat billboard lebih baik pikir-pikir kembali.
Kesimpulan
Dari 6 cara promosi travel umroh diatas, cara yang paling efektif adalah menggunakan kalender custom. Alasannya sederhana, selain biaya promosinya murah, target audiens yang dijangkau juga lebih tepat dan metode promosi ini bertahan lama (karena ganti kalender 1 tahun sekali).
Itulah cara promosi travel umroh yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penjualan dan omzet bisnis. Promosi yang baik harus disertai dengan pelayanan yang baik pula, agar calon jamaah merasa puas dan percaya dengan travel umroh anda.
Source Image Utama: alhijazindowisatapt.com