08112058905 cs@mahada.id
Buku Agenda Custom - Naskah Papirus Bangsa Mesir Kuno
08112058905 happy@mahada.id

Buku Agenda Custom – Berabad-abad lalu, papirus digunakan sebagai bahan membuat kertas. Bangsa Mesir Kuno menggunakannya untuk menulis naskah-naskah penting.

Tanaman papirus sendiri tumbuh di sepanjang tepi sungai di perairan yang berarus tenang, seperti sungai Nil. Tanaman ini menyerupai buluh dan memiliki daun yang tumbuh dari dasarnya.

Batang papirus berbentuk segitiga, lurus dan bisa tumbuh sampai sekitar 15 meter. Bangsa Mesir Kuno tidak hanya memanfaatkannya sebagai bahan baku pembuatan kertas, tapi juga menjadikannya sebagai sumber makanan, obat-obatan, parfum, perabot, hingga perahu.

Cetak Buku Agenda Custom Hardcover
Cetak Buku Agenda Custom Hardcover

Bangsa Mesir mulai membuat kertas dari papirus sejak 4000 SM. Untuk membuat kertas, lapisan terluar batang dikupas dan hanya bagian dalam yang digunakan. batang dalamnya direndam dan dikeringkan. Batang yang telah berbentuk serat, kemudian dianyam hingga mirip dengan bentuk tikar.

Tikar papirus ini lantas dibasahi dan ditekan, hal ini memungkinkan anyaman menjadi bersatu akibat getah lengket yang terkandung di dalamnya. Lembaran papirus selanjutnya dikeringkan di bawah sinar matahari. Permukaan lembaran ini juga bisa dipoles lagi agar semakin halus.

Naskah Papirus Terkenal

Seperti yang telah disebutkan, kertas papirus berkualitas baik digunakan untuk menulis naskah-naskah tertentu. berikut ini naskah papirus yang terkenal di dunia.

1. Rhind Papyrus

Alexeander Henry Rhind, seorang kolektor asal Skotlandia membeli naskah ini pada tahun 1858, berisi tabel dan soal matematika. Naskah papirus ini pun dikenal dengan naskah Rhind papirus.  Naskah ini disebut pula sebagai Ahmes papirus, mengacu pada juruu tulis yang menyalin naskah ini sekitar tahun 1650 SM.

2. Turin Papyrus

Naskah yang sudah tidak utuh lagi ini disimpan di Museum Mesir di Turin, Italia. Turin papirus berasal dari dinasti ke-19 (1292-1190 SM) dan berisi kronologi raja-raja Mesir.

Naskah ini diterbitkan oleh Ramses II dan dianggap tidak berlaku lagi seiring berakhirnya. Sayangnya, bagian awal dan akhir dari papirus ini telah hilang. Naskah ini berisi catatan mengenai nama dan waktu pemerintahan berbagai raja dalam tahun, bulan dan hari.

3. Ebers Papyrus

Naskah ini dibuat sekitar tahun 1550 SM dan merupakan salah satu teks medis tertua yang terkenal di dunia. papirus ini menujukkan bahwa orang Mesir Kuno telah mengetahui adanya pembuluh darah, serta bahwa jantung memompa darah ke seluruh tubuh.

Ebers papirus juga sekitar 700 resep obat tradisional dengan berbagai kegunaan mulai untuk mengendalikan hama dalam rumah, pengobatan untuk gigitan buaya, hingga mengobati nyeri kuku. Papirus ini dinamakan sesuai penemunya George Ebers Maurice, seorang Egyptologist Jerman yang menemukannya pada tahun 1873.

Buku Agenda dalam salah satu Paket Souvenir Mahada Indonesia
Gift Set Buku Agenda Kulit

Cetak Souvenir Buku Agenda Custom

Buku agenda dibutuhkan di banyak pekerjaan. Kebutuhan tersebut bisa untuk mengorganisir jadwal yang padat, sebagai bank ide, catatan notulen rapat, dan sebagainya. Dalam aplikasinya, buku agenda sangat bermanfat dalam memudahkan pekerjaan, sampai mengurangi perasaan stress penggunanya.

Mahada Indonesia menerima jasa cetak souvenir buku agenda custom. Anda bisa memilih isi kertas buku agenda yang sesuai dengan keinginan. Seperti kertas HVS atau bookpaper.

Begitupun jenis cover yang Anda inginkan. Buku agenda custom yang dicetak bisa untuk keperluan pribadi maupun bisnis, seperti halnya buku agenda kantor atau souvenir promosi.

Cetak souvenir buku agenda custom Anda di Mahada Indonesia. Informasikan semua kebutuhan cetak buku agenda custom Anda pada Customer Service kami.

Konsultasi  dan pemesanan buku agenda custom, hubungi kami melalui WhatsApp 08112058905 (CS Fildha) atau 08112079792 (CS Reka), atau melalui email cs@mahada.id .(*)

WhatsApp chat