Banyak alasan yang membuat seseorang bisa betah dan nyaman bekerja di sebuah perusahaan. Faktornya Bisa karena gaji yang cukup, lingkungan yang nyaman dan budaya kerja yang mendukung karir. Bahkan karena hal-hal kecil seperti perlengkapan kantor dapat menjadi pemicu karyawan betah di kantor.
Perlengkapan kantor merupaka isntrumen penunjang produktivitas karyawan dalam bekerja. Berikut beberapa perlengkapan kantor yang harus ada karena akan digunakan setiap saat:
1. ID CARD
Barang yang satu ini hampir tidak pernah lepas dari karyawan, ID Card sendiri adalah item wajib yang harus dimiliki oleh setiap karyawan. Id card berfungsi sebagai identitas, ciri khas dan kebanggaan. Bahkan, ID Card bisa jadi barang yang dipamerkan ke sosial media.
Apabila anda membutuhkan id card custom untuk memenuhi kebutuhan karyawan, anda bisas memesannya di mahada, hubungi corporate gift consultan kami untuk berdiskusi terkait kebutuhan id card dan kebutuhan kantor lainnya.
2. Meja dan Kursi
Perlangkapan kantor selanjutnya adalah Meja dan kursi, perlengkapan yang ini harus ada di kantor. Bukan sekedar nyaman untuk bekerja, tapi meja dan kursi juga merupakan penunjang utama produktifitas karyawan.
Di beberapa kantor, yang karyawannya didominasi oleh gen Y dan Z, justru kerap menyediakan kursi santai, seperti bean bag, agar semakin betah di kantor.
3. PC dan Laptop
Device PC atau laptop merupakan perlengkapan kantor bersifat primer bagi perusahaan. Di kebanyakan kantor, PC dan laptop menjadi fasilitas khusus bagi karyawan dengan jabatan atau posisi tertentu. Misalnya management, back office, admin, sekretaris, IT, customer service dan digital marketing.
4. Printer dan Scanner
Printer dan scanner merupakan device pendukung PC /laptop yang memiliki fungsi sebagai alat untuk mencetak dokumen perusahaan.
Selain itu juga anda bisa melakan scan terhadap dokumen lawas yang ingin diarsipkan.
5. Koneksi Internet
Internet sudah melekat pada kehidupan sehari-hari, oleh karena itu baik perusahaan kecil atau besar diharapkan agar memiliki konteksi internet. Peralatan yang satu ini sangat membantu produktifitas karyawan, terlebih lagi kecepatan internetnya yang cepat.
6. Perlengkapan Dapur
Perlengkapan dapur seperti kompor, dispenser, gelas, piring, sendok dan masih banyak lagi, merupakan penunjang bagi karyawan anda. Memudahkan karyawan juga merupakan salahsatu strategi perusahaan agar sukses berkembang.
Menyediakan perlatan daput bisa menghemat waktu untuk membuat minuman atau makanan sendiri, daripada membeli di luar.
7. Alat Tulis Kantor (ATK)
Alat tulis kantor (ATK) adalah perlengkapan kantor yang sifatnya habis pakai, tetapi wajib dibeli. Karena, hampir semua karyawan menggunakan alat tulis kantor, meskipun Anda hanya sebagai security. ATK biasanya terdiri dari pulpen, pensil, bermacam kertas, buku, penjepit kertas, tipe-X dan lain-lain.
8. Papan Tulis atau Whiteboard
Papan tulis adalah perlengkapan kantor yang wajib disediakan, meskipun jumlahnya hanya satu buah. Meskipun kantor Anda sudah menggunakan proyektor untuk presentasi, tetapi papan tulis juga dibutuhkan. Misalnya untuk menulis target perusahaan, jadwal shift sampai memo.
9. Rak/Lemari Berkas
Rak/lemari berkas adalah perlengkapan kantor yang krusial untuk dimiliki, memiliki fungsi untuk menyimpan berkas penting seperti kontrak kerja, invoice, surat masuk-keluar dan lainnya. .
Masih banyak perlengkapan kantor yang belum disebutkan. Dari 9 perlengkapan kantor tersebut, apa saja yang belum tersedia di kantor Anda? Lengkapi perlengkapan kantor Anda agar karyawan semakin produktif dan nyaman bekerja.