Apapun jenis produk usahanya, penting untuk diperhatikan bagaimana produk tersebut dipersembahkan pada konsumen. Kemasan atau packaging ini merupakan bungkus atau sampul produk yang membuat sebuah produk usaha dapat diterima dengan efektif dan efisien.
Packaging adalah salah satu faktor penting keberhasilan sebuah produk dapat menarik konsumen. Untuk itu, packaging sering dibuat sepraktis mungkin, seunik mungkin, semencolok mungkin, dan sebagainya. Packaging sendiri tidak terbatas pada produk makanan saja, tetapi semua jenis produk usaha memerlukan packaging yang cocok bagi produk yang dikemasnya.
Fungsi Packaging untuk Produk Usaha
Kemasan atau packaging ini memiliki beberapa fungsi penting untuk produk usaha, di antaranya adalah:
1. Melindungi Produk
Packaging pada produk usaha sangatlah penting karena terkait dengan keamanan produk. Semakin rentan sebuah produk terhadap benturan maka semakin penting pula kemasan bagi produk tersebut. Agar dapat melindungi bentuk, kelengkapan, aroma, atau rasa suatu produk maka kemasan perlu didesain menyesuaikan dengan prioritas keamanan produk usaha.
2. Identitas Produk
Sebuah kemasan atau packaging harus dapat merepresentasikan produk yang ada di dalamnya. Kemasan memainkan peran penting dalam mengenalkan produk sehingga konsumen bisa dengan mudah mengenali, memahami kegunaan, serta cara penggunaannya. Inilah yang kemudian membuat kemasan menjadi begitu penting bagi produk usaha.
3. Promosi
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, peran packaging sangat penting karena menjadi salah satu faktor keberhasilan produk diminati konsumen. Kemasan dapat menambahkan kesan yang baik sehingga produk diterima dan diapresiasi oleh konsumen.
4. Branding
Suatu usaha atau produk tidak cukup hanya dengan memiliki nama merek saja. Namun, mereka memerlukan logo, tagline, atau visual yang dapat menjadi ciri khas produk tersebut. Membuat siapapun yang melihat identitas tersebut langsung mengingat produk tersebut. Di sinilah kemasan memiliki peran yang sangat penting bagi sebuah produk usaha.
Packaging dapat menampilkan visual khas dari suatu produk. Mulai dari logo, tagline, warna, hingga ilustrasi produk Anda. Oleh karenanya, meski produk yang diproduksi mengalami perubahan, tetapi dengan kemasan yang memuat identitas merek Anda akan membuat konsumen tetap yakin dengan produk tersebut.
Kesimpulan
Berdasarkan keempat hal di atas, dapat disimpulkan bahwa kemasan atau packaging sangat penting bagi produk usaha dan memerlukan perhatian lebih. Apapun produknya, sebagai merchandise maupun souvenir.
Untuk itu, bagi Anda yang membutuhkan produk merchandise atau souvenir custom lengkap dengan packaging atau kemasannya, Anda hanya perlu menghubungi Mahada Indonesia. Bersama customer service kami, konsultasikan produk yang sesuai keinginan Anda. Mahada Indonesia sebagai vendor paket souvenir (gift set) akan memberikan pelayanan terbaiknya untuk Anda.(*)