Mengenal Apa Saja Media Promosi

Mengenal Apa Saja Media Promosi
Publish : 13 September 2024
Ads In Article (1)

Ada banyak ragam media promosi untuk mengenalkan produk dan layanan kepada calon pelanggan. Mari mengenal apa saja media promosi online dan offline agar Anda dapat memilih media terbaik untuk produk perusahaan.

Perlu dipahami bahwa perusahaan dapat memilih beberapa media promosi dan mengombinasikannya. Dengan tujuan agar kampanye pemasaran lebih efektif tanpa membuat anggaran jebol.

Media Cetak (Print Media)

Media cetak adalah jenis promosi yang bisa dikatakan tradisional. Namun, bukan berarti cara ini tidak lagi efektif.

Untuk mengenal apa saja media promosi cetak yang tepat, perusahaan harus mengetahui seberapa luas jangkauan iklan yang mereka inginkan. Tentu saja karena media cetak cocok untuk promosi di pasar yang kecil..

Beberapa jenis media promosi cetak adalah brosur, pamflet, poster, katalog, dan kartu nama. Jenis lain yang kini tidak terlalu populer adalah memasang iklan di majalah, koran, dan tabloid.

Media Elektronik

Dibandingkan media cetak, media elektronik memiliki jangkauan pasar lebih luas. Iklan elektronik dapat ditemukan di televisi dan radio. Email marketing juga dianggap bagian dari jenis media ini, walaupun bisa dioptimasi dengan promosi digital.

Media Digital & Online

Nah, mengenal apa saja media promosi digital sangat penting. Karena di era internet saat ini, hampir setiap lapisan masyarakat telah menggunakan perangkat digital.

Apa saja media promosi digital? Berikut adalah contohnya:

1. Website

Website atau situs adalah sekumpulan halaman yang berisi konten artikel, video, suara, dan gambar yang bisa diakses melalui internet. Promosi melalui website akan menjangkau pasar yang jauh lebih luas dibandingkan media cetak dan elektronik.

2. Media Sosial

Jika Anda memasang iklan di Instagram, Facebook, atau TikTok, artinya sedang mengoptimalkan promosi melalui media sosial. Jangkauan promosinya luas, dan bahkan bisa dilakukan dengan biaya yang rendah.

3. Google Ads

Google Ads adalah berpromosi menggunakan iklan berbayar dari Google. Jadi, perusahaan membayar ke Google agar iklan produknya dapat tampil di halaman pertama pencarian Google.

4. SEO (Search Engine Optimization)

Nah, SEO adalah salah satu cara promosi yang diterapkan jika perusahaan ingin berpromosi melalui website mereka. SEO menjadikan website perusahaan tampil di halaman pertama Google dan mendapat trafik organik tinggi.

5. Blog

Ketika membuka website dengan domain blogspot atau wordpress, maka Anda sedang membuka blog. Blog adalah media promosi yang cocok untuk usaha kecil hingga besar karena biayanya rendah.

6. YouTube

Selain memasang iklan di YouTube, perusahaan juga bisa membuat video pendek untuk mengedukasi pelanggan tentang produknya. Hubungkan video YouTube dengan web dan media sosial lain agar jangkauannya lebih luas.

Promosi Langsung (Direct Marketing)

Cara ini menggunakan tenaga pemasaran yang langsung bertemu atau berbicara dengan calon klien atau pelanggan. Contohnya adalah:

1. Telemarketing

Sales dapat menghubungi calon pelanggan melalui telepon untuk menawarkan produk secara langsung. Cara ini banyak dipakai oleh lembaga keuangan dan asuransi.

2. Sales Letter

Saat ini, sales letter lebih efektif dilakukan untuk lingkup business to business campaign. Umumnya sales letter juga dilengkapi dengan proposal dan katalog untuk lebih meyakinkan calon pelanggan.

3. Sampling

Anda pernah berbelanja ke supermarket lalu mendapatkan sampel produk secara gratis dari SPG? Nah, itu adalah cara promosi sampling.

Cara ini efektif menyentuh langsung konsumen akhir atau pemakai produk, tetapi memiliki jangkauan terbatas.

Selain melalui cara-cara di atas, Anda juga bisa melakukan promosi menggunakan souvenir dan merchandise. Cara ini efektif untuk branding merek maupun perusahaan.

Anda dapat menjadikan souvenir sebagai hadiah saat membeli produk, program customer loyalty, atau membagikan gratis saat promosi offline. Mahada menyediakan aneka souvenir untuk branding mulai dari alat tulis hingga agenda eksklusif.

Jadi, tunggu apa lagi? Hubungi corporate gift consultan kami untuk mendapatkan penawaran menarik dan merchandise berkualitas. Mari mengenal apa saja media promosi yang cocok untuk produk Anda, dan lengkapi dengan souvenir dari Mahada.

Editor : Dodi Insan Kamil

ads corporate gift
Banner 1
Gifset Corporate Banner

Informasi Lain yang Mungkin Anda Perlukan

Manfaat Memberikan Hampers Lebaran untuk Keluarga

Manfaat Memberikan Hampers Lebaran untuk Keluarga

Lebaran merupakan momen yang penuh kebersamaan, di mana Anda bisa merayakan hari kemenangan bersama orang-orang tercinta. Dalam tradisi berkeluarga, memberikan hampers Lebaran untuk keluarga menjadi cara yang hangat untuk menunjukkan kasih sayang dan mempererat...

10 Rekomedasi Souvenir Agustusan 2025 Terbaru

10 Rekomedasi Souvenir Agustusan 2025 Terbaru

Bulan Agustus selalu membawa semangat kemerdekaan yang begitu kental, bukan? Selain berbagai acara dan lomba yang digelar, ada satu elemen penting yang tidak boleh dilewatkan, yaitu souvenir Agustusan. Hadirnya souvenir-souvenir ini bukan hanya sekadar pemberian,...

Corporate Gift Low
Blog tentang mahada indonesia 4

Bingung Memilih Souvenir Yang Cocok Untuk Event Anda?

Untuk Anda yang masih kebingungan dalam memilih souvenir apa yang cocok untuk kebutuhan Anda, Klik tombol di bawah untuk menghubungi Corporate Gift Consultant Kami.

Agar konsultasi lebih mudah, Anda dapat mempersiapkan informasi penting ini:

  • Kebutuhan souvenir Anda (event, atau apresiasi karyawan)
  • Quantity pemesanan souvenir
  • Referensi desain (logo, atau desain grafis)
  • Budget per pcs (membantu kami dalam merekomendasikan souvenir yang tepat)