Ada banyak ragam media promosi untuk mengenalkan produk dan layanan kepada calon pelanggan. Mari mengenal apa saja media promosi online dan offline agar Anda dapat memilih media terbaik untuk produk perusahaan.
Perlu dipahami bahwa perusahaan dapat memilih beberapa media promosi dan mengombinasikannya. Dengan tujuan agar kampanye pemasaran lebih efektif tanpa membuat anggaran jebol.
Media Cetak (Print Media)
Media cetak adalah jenis promosi yang bisa dikatakan tradisional. Namun, bukan berarti cara ini tidak lagi efektif.
Untuk mengenal apa saja media promosi cetak yang tepat, perusahaan harus mengetahui seberapa luas jangkauan iklan yang mereka inginkan. Tentu saja karena media cetak cocok untuk promosi di pasar yang kecil..
Beberapa jenis media promosi cetak adalah brosur, pamflet, poster, katalog, dan kartu nama. Jenis lain yang kini tidak terlalu populer adalah memasang iklan di majalah, koran, dan tabloid.
Media Elektronik
Dibandingkan media cetak, media elektronik memiliki jangkauan pasar lebih luas. Iklan elektronik dapat ditemukan di televisi dan radio. Email marketing juga dianggap bagian dari jenis media ini, walaupun bisa dioptimasi dengan promosi digital.
Media Digital & Online
Nah, mengenal apa saja media promosi digital sangat penting. Karena di era internet saat ini, hampir setiap lapisan masyarakat telah menggunakan perangkat digital.
Apa saja media promosi digital? Berikut adalah contohnya:
1. Website
Website atau situs adalah sekumpulan halaman yang berisi konten artikel, video, suara, dan gambar yang bisa diakses melalui internet. Promosi melalui website akan menjangkau pasar yang jauh lebih luas dibandingkan media cetak dan elektronik.
2. Media Sosial
Jika Anda memasang iklan di Instagram, Facebook, atau TikTok, artinya sedang mengoptimalkan promosi melalui media sosial. Jangkauan promosinya luas, dan bahkan bisa dilakukan dengan biaya yang rendah.
3. Google Ads
Google Ads adalah berpromosi menggunakan iklan berbayar dari Google. Jadi, perusahaan membayar ke Google agar iklan produknya dapat tampil di halaman pertama pencarian Google.
4. SEO (Search Engine Optimization)
Nah, SEO adalah salah satu cara promosi yang diterapkan jika perusahaan ingin berpromosi melalui website mereka. SEO menjadikan website perusahaan tampil di halaman pertama Google dan mendapat trafik organik tinggi.
5. Blog
Ketika membuka website dengan domain blogspot atau wordpress, maka Anda sedang membuka blog. Blog adalah media promosi yang cocok untuk usaha kecil hingga besar karena biayanya rendah.
6. YouTube
Selain memasang iklan di YouTube, perusahaan juga bisa membuat video pendek untuk mengedukasi pelanggan tentang produknya. Hubungkan video YouTube dengan web dan media sosial lain agar jangkauannya lebih luas.
Promosi Langsung (Direct Marketing)
Cara ini menggunakan tenaga pemasaran yang langsung bertemu atau berbicara dengan calon klien atau pelanggan. Contohnya adalah:
1. Telemarketing
Sales dapat menghubungi calon pelanggan melalui telepon untuk menawarkan produk secara langsung. Cara ini banyak dipakai oleh lembaga keuangan dan asuransi.
2. Sales Letter
Saat ini, sales letter lebih efektif dilakukan untuk lingkup business to business campaign. Umumnya sales letter juga dilengkapi dengan proposal dan katalog untuk lebih meyakinkan calon pelanggan.
3. Sampling
Anda pernah berbelanja ke supermarket lalu mendapatkan sampel produk secara gratis dari SPG? Nah, itu adalah cara promosi sampling.
Cara ini efektif menyentuh langsung konsumen akhir atau pemakai produk, tetapi memiliki jangkauan terbatas.
Selain melalui cara-cara di atas, Anda juga bisa melakukan promosi menggunakan souvenir dan merchandise. Cara ini efektif untuk branding merek maupun perusahaan.
Anda dapat menjadikan souvenir sebagai hadiah saat membeli produk, program customer loyalty, atau membagikan gratis saat promosi offline. Mahada menyediakan aneka souvenir untuk branding mulai dari alat tulis hingga agenda eksklusif.
Jadi, tunggu apa lagi? Hubungi corporate gift consultan kami untuk mendapatkan penawaran menarik dan merchandise berkualitas. Mari mengenal apa saja media promosi yang cocok untuk produk Anda, dan lengkapi dengan souvenir dari Mahada.
Editor : Dodi Insan Kamil