Contoh Susunan Acara Rapat Lengkap

Contoh Susunan Acara Rapat Lengkap
Written By Admin Mahada
Publish : 3 May 2024
Ads In Article (1)

Rapat punya tujuan untuk memecahkan suatu masalah lewat diskusi dengan sesama anggota. Rapat sendiri terdiri atas 4 jenis: yang berdasarkan tujuan, sifat, jangka waktu, dan frekuensi. Untuk mengadakan rapat, Anda harus mengetahui contoh susunan acara rapat dan contoh rundown.

Meski sekilas mirip, susunan acara rapat tidak sama persis dengan rundown. Keduanya sama-sama berisi gambaran acara secara garis besar, hanya saja rundown lebih detail dan spesifik.

Contoh Susunan Acara Rapat

Sebelum melakukan rapat, Anda mesti tahu lebih dulu jenis acaranya. Karena beda jenis acara, bisa beda juga susunannya. Ketahui juga rapatnya akan bersifat formal, semi-formal, atau informal. Pelaksanaan rapat umum cenderung lebih mudah dan tidak terlalu terikat dengan waktu.

Secara umum, contoh susunan acara rapat adalah sebagai berikut:

1. Pembukaan

Umumnya dibuka dengan mengucap syukur dan pembacaan doa sesuai dengan kepercayaan dan adat di masing-masing tempat. Berikut adalah contoh singkat untuk membuka acara:

Bismillah, Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Selamat siang, dan salam damai sejahtera bagi hadirin semuanya.

Alhamdulillahirabbil alamin, kita panjatkan puja dan puji syukur kita pada Allah SWT yang maha pengasih lagi maha penyayang. Berkat karunianya, kita semua bisa berkumpul di balai desa ini dalam keadaan yang berbahagia untuk acara tahunan karang taruna yang ke-5 ini. Mari bersama-sama kita memanjatkan doa agar kegiatan rapat ini bisa berjalan dengan lancar.

2. Sambutan

Orang-orang penting pada rapat akan memberikan sambutan seperti ketua pelaksana atau tamu undangan. Tidak jarang sambutan memakan waktu yang lama.

3. Pembahasan

Tahapan ini merupakan inti dari acara rapat yang meliputi pembahasan program kerja dan rencananya, diskusi atas masukan dan kritik pada suatu program, dan pengambilan keputusan berdasarkan mufakat.

4. Penutup

Persis seperti pembukaan, tahap ini berisi kesimpulan doa bersama yang singkat sebelum membubarkan rapat.

Contoh Rundown Rapat di Kantor

Rapat kantor bersifat lebih terorganisir dan profesional yang biasanya juga butuh moderator agar rapat bisa berjalan sesuai panduan. Jika rapat umum tidak detail dan cuma berisi gambaran umum, beda halnya dengan rapat kantor yang membutuhkan rundown dengan keterangan yang spesifik misal seperti durasi, nama sesi, dan penanggung jawab.

Supaya lebih jelas, Anda bisa melihat beberapa contoh rundown di kantor dengan jenis yang berbeda-beda di bawah ini:

1. Rundown Rapat Kerja Mingguan

Rundown lebih bersifat kronologis, yang artinya berjalan sesuai urutan waktu dari setiap sesi yang dilakukan. Salah satu contohnya bisa dilihat berikut ini:

No.WaktuKegiatanPenanggung Jawab
113.00 – 13.10PembukaanModerator
213.10 – 13.20SambutanDirektur perusahaan
313.20 – 14.10Pembahasan inti rapat terkait cashflow perusahaanKepala divisi keuangan
414.10 – 15.00Pembahasan inti rapat terkait rekrutmen tenaga kerja baruKepala divisi HRD
515.00 – 15.20Pembahasan inti rapat terkait mencari metode advertising yang tepatKepala divisi marketing
615.20 – 15.30PenutupModerator

2. Rundown Rapat Evaluasi Kerja

Rapat evaluasi berbeda dengan rapat kerja mingguan. Biasanya rapat evaluasi kerja dilakukan beberapa bulan sekali sebagai bahan pertimbangan perusahaan untuk mengambil suatu keputusan. Selain itu, durasinya juga cenderung lebih lama seperti berikut ini:

No.WaktuKegiatanPenanggung Jawab
108.00 – 08.10PembukaanModerator
208.10 – 08.30SambutanJajaran pimpinan dan direksi perusahaan
308.30 – 09.00Evaluasi kinerja divisi ITKepala divisi IT
409.00 – 09.30Evaluasi kinerja divisi konten dan SEOKepala divisi SEO dan konten
509.30 – 10.00Evaluasi kinerja divisi humasKepala divisi humas
610.00 – 10.30Evaluasi kinerja perusahaan berdasarkan KPIPimpinan dan direksi perusahaan
710.30 – 10.40PenutupModerator

Dari hasil rapat tersebut, perusahaan dapat membenahi serta mencarikan solusi dari masalah yang ada di setiap divisi. Selain itu, rapat seperti ini bisa menjadi acuan perusahaan untuk memperpanjang kontrak karyawan atau mengangkatnya menjadi kartap jika performanya bagus.

3. Rundown Program Strategis

Jika perusahaan mau meluncurkan campaign suatu program, maka harus ada rapat yang membahasnya terlebih dahulu. Contoh rundown nya kira-kira seperti ini:

No.WaktuKegiatanPenanggung Jawab
110.00 – 10.10PembukaanModerator
210.10 – 10.20Pemeriksaan notulensi pada rapat sebelumnyaNotulen rapat sebelumnya
310.20 – 10.30Laporan keuangan perusahaanKepala divisi keuangan
410.30 – 11.30Pemaparan strategi perusahaanMasing-masing kepala divisi yang terkait dengan campaign perusahaan
511.30 – 12.00Notulensi dan penentuan campaign strategis perusahaanManager/bos/direktur perusahaan

Dengan mengetahui contoh susunan acara rapat dan rundown rapat kantor, rapat akan jauh lebih efisien. Agar para karyawan jadi lebih bersemangat dalam melakukan rapat, Anda dapat memberikan buah tangan berupa corporate gift yang bisa didapat hanya di Mahada.co.id. Segera hubungi kami untuk mendapatkan berbagai diskon dan promo menarik lainnya.

Editor : Dodi Insan Kamil

ads corporate gift
Banner 1
Gifset Corporate Banner

Informasi Lain yang Mungkin Anda Perlukan

Mengenal Apa Itu KPI dan Contohnya

Mengenal Apa Itu KPI dan Contohnya

Mungkin anda pernah mendengar apa itu KPI, biasanya KPI digunakan untuk pengukuran kinerja dan menjadi salah satu faktor penting untuk mencapai tujuan. Salah satu alat yang sering digunakan untuk memantau dan mengevaluasi performa karyawan adalah KPI atau Key...

Apa Itu Struktur Perusahaan? Berikut Jenis dan Contohnya

Apa Itu Struktur Perusahaan? Berikut Jenis dan Contohnya

Setiap perusahaan wajib memiliki struktur perusahaan yang baik, struktur organisasi merupakan kerangka kerja yang menentukan bagaimana tugas, tanggung jawab, dan wewenang dikelola di dalam perusahaan. Dengan struktur yang terorganisir, perusahaan dapat beroperasi...

Corporate Gift Low
Blog tentang mahada indonesia 4

Bingung Memilih Souvenir Yang Cocok Untuk Event Anda?

Untuk Anda yang masih kebingungan dalam memilih souvenir apa yang cocok untuk kebutuhan Anda, Klik tombol di bawah untuk menghubungi Corporate Gift Consultant Kami.

Agar konsultasi lebih mudah, Anda dapat mempersiapkan informasi penting ini:

  • Kebutuhan souvenir Anda (event, atau apresiasi karyawan)
  • Quantity pemesanan souvenir
  • Referensi desain (logo, atau desain grafis)
  • Budget per pcs (membantu kami dalam merekomendasikan souvenir yang tepat)