Apa Itu Webinar dan Jenis-Jenisnya

Apa Itu Webinar dan Jenis Jenisnya
Written By Dodi Insan Kamil
Publish : 22 February 2025
Mahada Best Seller Batik Heritage

Sejak pandemi beberapa tahun yang lalu, frasa webinar mulai naik daun. Namun, sebenarnya apa itu webinar? Apa saja unsur dan struktur pelaksanaannya? Mari dapatkan jawabannya dalam artikel ini.

Apa itu Webinar

Secara etimologi atau bahasa, webinar adalah singkatan dari web seminar atau seminar yang dilakukan melalui web.

Dengan kata lain, webinar adalah seminar yang dilaksanakan secara daring melalui website, aplikasi, atau platform rapat daring secara live.

Beberapa platform webinar diantaranya Zoom, Google Meet, Google Hangouts, Mayar, ClickMeeting, Demio, dan masih banyak lagi.  

Jenis-Jenis Webinar

Ternyata, ada beberapa jenis webinar berdasarkan jumlah peserta, teknis, dan tujuannya. Pembahasan lengkapnya ada di bawah ini.

1. Web broadcast

Jenis ini dihadiri oleh banyak orang, bahkan bisa hingga ribuan. Berbeda dengan webinar biasa yang umumnya hanya dihadiri oleh puluhan hingga ratusan orang.

2. Web conference

Jenis webinar ini memungkinkan pembicara dan hadirin berdiskusi dua arah.

3. The webinar series

Webinar series memiliki memiliki beberapa episode atau sesi, sehingga bisa berlangsung hingga beberapa hari. Umumnya peserta bisa mengikuti keseluruhan sesi webinar atau memilih sesi yang mereka butuhkan saja. Karena memiliki banyak topik, maka peserta akan mendapat banyak materi dari pembicara berbeda.

4. Sales webinar

Sales webinar adalah seminar online yang digunakan orang atau perusahaan untuk memasarkan produk mereka. Dengan kata lain, pelaksanaan webinar adalah ajang memberi informasi dan ilmu bermanfaat sekaligus berpromosi.

5. The one-off for-profit webinar

Sesuai namanya, webinar ini berorientasi profit sehingga pesertanya harus mengeluarkan sejumlah biaya. Misalnya biaya pendaftaran atau biaya lain seperti biaya modul atau e-book khusus yang berkaitan dengan materi seminar. Berhubung webinar ini berbayar, maka peserta akan mendapat materi yang sepadan dari pembicara profesional.

Manfaat webinar

Baik penyelenggara maupun peserta webinar dapat merasakan manfaat dari kegiatan ini.

Untuk peserta, webinar adalah cara yang praktis, mudah, dan hemat untuk mendapatkan ilmu bermanfaat. Webinar juga bisa menjadi sarana untuk berbagi dan menambah relasi.

Sedangkan bagi penyelenggara, webinar juga memberi manfaat dalam hal:

  1. Menjadi sarana promosi produk, layanan, atau kegiatan organisasi
  2. Menjaring lebih banyak anggota dan audiens. Ini sangat penting bagi perkembangan organisasi, baik perusahaan maupun komunitas.
  3. Melihat respon audiens terhadap topik materi maupun layanan yang ditawarkan.

Menjadi pembicara di sebuah webinar juga memberikan manfaat yang tidak kalah besar, lho. Karena webinar bisa menjadi ajang mempertajam skill public speaking, berjejaring, menambah jam terbang, dan sebagainya.

Unsur-Unsur Webinar

Layaknya seminar offline, webinar juga memiliki unsur, yaitu:

1. Unsur materi

Yaitu tema atau topik webinar, slide presentasi, e-book atau sumber bacaan lain terkait tema.

2. Unsur manusia

Yaitu panitia penyelenggara, pemateri, moderator, MC, notulen, dan peserta webinar.

3. Unsur fasilitas

Berupa platform, aplikasi, atau web tempat penyelenggaraan webinar, perlengkapan audiovisual (virtual background, musik tema, video pendukung), dan merchandise atau souvenir.

Benar, bahkan webinar juga membutuhkan merchandise dan suvenir sebagai fasilitas tambahan. Misalnya sebagai hadiah doorprize atau kuis. Panitia dapat mengirimkannya ke penerima setelah webinar usai.

Struktur Webinar

Adapun struktur webinar secara umum adalah:

  1. Pembukaan dari MC atau pembawa acara. Sesi ini juga biasanya diisi dengan penyebutan nama sponsor.
  2. Kata sambutan dari ketua panitia penyelenggara atau pejabat lain yang berwenang.
  3. Perkenalan narasumber yang dilakukan oleh moderator. Mencakup data narasumber dan portofolionya secara umum.
  4. Materi dari narasumber. Ini adalah acara utama dan dipandu oleh moderator yang juga berfungsi sebagai notulen.
  5. Jeda. Pada sesi ini, panitia dapat menyelipkan informasi tentang organisasi penyelenggara atau mempromosikan produk dan layanan terkait materi seminar. 
  6. Tanya jawab atau diskusi. Dipandu oleh moderator dan dijawab langsung oleh narasumber.
  7. Kesimpulan. Moderator menyampaikan kesimpulan materi lalu menyerahkan acara kembali ke MC
  8. Penutup. MC menutup acara dengan menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta dan narasumber, mengumumkan penerima doorprize, dan memberikan tautan produk (jika ada).

Setelah rangkaian webinar berakhir, panitia dapat mulai mengirimkan suvenir dan menerima pesanan produk atau layanan yang dipromosikan.

Jangan lupa untuk menyimpan kontak peserta webinar agar lebih mudah mengirimkan undangan dan promosi acara berikutnya.

Panitia Webinar 

Struktur dan jumlah kepanitiaan webinar umumnya lebih sederhana dari seminar luring, yaitu:

  1. Penanggung jawab
  2. Ketua pelaksana (dan wakilnya, jika diperlukan)
  3. Sekretaris/Administrasi
  4. Bendaharan/Bagian keuangan
  5. Humas, promosi dan media
  6. Operator dan IT
  7. Moderator 
  8. Master of Ceremony
  9. Narasumber

Webinar akan terlaksana dengan lancar ketika panitia memiliki perencanaan yang rapi, koordinasi, dan komunikasi yang lancar. Perencanaan yang rapi juga termasuk menyiapkan suvenir untuk peserta dan cenderamata untuk narasumber webinar. 

Suvenir ini dapat berperan sebagai media promosi organisasi juga. Caranya dengan mencetak logo, jargon, dan nama organisasi pada suvenir.

Untuk mendapatkan suvenir, cenderamata, dan merchandise terbaik, hubungi Mahada segera. Karena kami memiliki penawaran menarik, khusus untuk Anda!

ads corporate gift
Banner 1
Gifset Corporate Banner

Informasi Lain yang Mungkin Anda Perlukan

No Results Found

The page you requested could not be found. Try refining your search, or use the navigation above to locate the post.

Corporate Gift Low
Blog tentang mahada indonesia 4

Bingung Memilih Souvenir Yang Cocok Untuk Event Anda?

Untuk Anda yang masih kebingungan dalam memilih souvenir apa yang cocok untuk kebutuhan Anda, Klik tombol di bawah untuk menghubungi Corporate Gift Consultant Kami.

Agar konsultasi lebih mudah, Anda dapat mempersiapkan informasi penting ini:

  • Kebutuhan souvenir Anda (event, atau apresiasi karyawan)
  • Quantity pemesanan souvenir
  • Referensi desain (logo, atau desain grafis)
  • Budget per pcs (membantu kami dalam merekomendasikan souvenir yang tepat)