Karyawan swasta, aparatur negara, dan profesional biasanya mengikuti pelatihan dalam kurun waktu tertentu untuk meningkatkan skill.
Namun, apa itu pelatihan? Mari pelajari pengertian, jenis, struktur dan unsurnya dalam artikel ini.
Apa itu Pelatihan
Sebelum berbicara lebih jauh, mari kenali apa itu pelatihan. Merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi V, pelatihan adalah pendidikan untuk memperolah kemahiran atau kecakapan.
Lebih lanjut, KBBI juga menerangkan bahwa pelatihan merupakan rangkaian latihan atau pendidikan berdasarkan satu jenis bahan atau situasi. Dengan tujuan mengembangkan kemampuan umum, keterampilan, atau sifat tertentu.
Jenis-Jenis Pelatihan
Ada banyak sekali jenis pelatihan. Baik dilihat dari segi materi, peserta, maupun durasinya. Di bawah ini adalah beberapa diantaranya yang paling populer.
1. Pelatihan Keterampilan
Jenis pelatihan keterampilan biasanya diikuti oleh pekerja teknis. Pemateri akan melatih peserta untuk mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan dalam pekerjaan.
Misalnya pelatihan keterampilan perangkat lunak tertentu, penggunaan mesin dan alat berat, teknis penelitian di laboratorium, dan sebagainya.
2. Pelatihan Bencana dan Keselamatan
Sering juga disebut sebagai pelatihan K3, jenis pelatihan ini akan mengajarkan pesertanya bagaimana menyelamatkan diri dan menghadapi bencana.
Misalnya kebakaran, gempa bumi, kecelakaan kerja di lapangan, dan sebagainya.
Semua kalangan dan tingkatan karyawan sangat dianjurkan mengikuti pelatihan ini sebagai bagian dari keselamatan kerja.
3. Pelatihan Kepemimpinan
Penyelenggaraan pelatihan ini dapat menyasar mahasiswa, pengurus organisasi sekolah, serta karyawan swasta dan pegawai negeri.
Materi dasarnya adalah komunikasi, kerja sama tim, critical thinking, pengambilan keputusan, problem solving, dan sebagainya.
4. Pelatihan Komunikasi
Setiap orang tentu membutuhkan komunikasi yang efektif dan tepat, bukan? Pelatihan ini akan memberikan materi tentang komunikasi efektif, public speaking, dan sebagainya.
Pada dasarnya semua orang membutuhkan pelatihan semacam ini. Terutama para pemimpin, bagian pelayanan dan humas di perusahaan, serta pemuka masyarakat.
5. Pelatihan Pelayanan Pelanggan
Perusahaan secara rutin menyelenggarakan pelatihan pelayanan pelanggan bagi divisi marketing, penjualan, dan customer service.
Pelatihan ini mengajarkan teknik mengenali dan menghadapi konsumen, teknik analisis dan survei pelanggan, segmentasi dan data analitik penjualan, dan sebagainya.
6. Pelatihan Teknologi Informasi
Bagi para programmer dan teknisi, pelatihan ini wajib diikuti secara berkala. Terutama karena perkembangan teknologi sangat pesat.
Materi pelatihan TI diantaranya keamanan siber, teknik pengkodean, komputerisasi, perangkat lunak dan perangkat keras, dan banyak lagi.
Manfaat Pelatihan
Baik peserta maupun organisasi penyelenggara akan merasakan banyak manfaat, terutama jika pelatihan terlaksana secara rutin.
1. Manfaat bagi peserta
- Mengupdate keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan tugas-tugasnya
- Meningkatkan skill dan kemampuan diri
- Meningkatkan daya saing di dunia kerja
- Bagi para fresh graduate, pelatihan akan memberi credit point pada portofolio
- Memudahkan diri berkecimpung di masyarakat, organisasi, dan lain-lain.
2. Manfaat bagi perusahaan
- Memastikan setiap karyawan memiliki keterampilan sesuai standar perusahaan
- Meningkatkan daya saing perusahaan dalam lingkungan industri
- Mempermudah proses perubahan dan inovasi di lingkungan internal organisasi
- Meningkatkan kepuasan pelanggan
- Meningkatkan konversi penjualan dan laba perusahaan.
Unsur-unsur Pelatihan
Apapun jenisnya, setiap pelatihan memiliki unsur yang mirip, yaitu materi, mentor, tujuan, media, dan evaluasi. Mari mencermatinya lebih dalam.
1. Materi
Materi mencakup jenis pengetahuan yang akan diajarkan dalam pelatihan, metode, kurikulum, dan topik-topiknya.
2. Mentor
Mentor atau pelatih adalah para profesional dan praktisi yang berpengalaman langsung di lapangan.
3. Tujuan
Setiap tujuan harus selaras dengan materi dan kebutuhan perusahaan. Tujuan
juga menentukan siapa saja peserta yang harus ikut dalam pelatihan.
4. Media
Media merupakan sarana untuk menyampaikan materi. Termasuk salindia presentasi, audio dan video, diktat, e-book, jurnal referensi, perangkat sound sistem dan proyektor, dll
5. Durasi
Durasi adalah jangka waktu pelaksanaan pelatihan. Terkait durasi pelatihan beragam, umumnya berlangsung antara tiga hari hingga dua minggu.
6. Evaluasi
Evaluasi adalah penilaian terhadap peserta pelatihan melalui pemberian tugas. Baik itu tugas kelompok maupun individual.
Struktur Pelatihan
Selain memahami apa itu pelatihan, penyelenggara juga harus tahu apa saja struktur pelatihan. Berikut adalah penjelasannya secara lebih rinci.
1. Pembukaan dan Registrasi
Di sesi ini, panitia membuka pelatihan, menerima registrasi peserta dan melakukan pendataan.
Bagi pelatihan yang berlangsung lama, sesi ini juga mengatur akomodasi peserta.
2. Penyampaian Materi
Penyampaian materi adalah acara inti, dimana para mentor akan memaparkan topik dan membuka ruang diskusi dengan para peserta.
3. Penugasan
Mentor akan memberikan tugas setiap kali satu atau dua topik materi terselesaikan. Penugasan dapat berupa studi kasus, tugas praktik, maupun tes kemampuan teoritis.
4. Evaluasi Akhir
Evaluasi akhir umumnya diadakan untuk individu, bertujuan untuk menilai tingkat pemahaman peserta terhadap materi.
5. Penutupan
Di sesi penutupan, akan ada acara ramah tamah dan pelepasan peserta oleh panitia.
Panitia Pelatihan
Walaupun terlaksana untuk kepentingan perusahaan atau organisasi, pelatihan tetap memerlukan panitia khusus yang terdiri dari:
- Steering Committee
- Ketua Panitia/Ketua Pelaksana
- Wakit Ketua Panitia
- Sekretaris
- Bendahara
- Divisi
- Divisi Acara
- Divisi Pelatihan
- Pj. Mentor dan Pelatih
- Divisi Keamanan dan Ketertiban
- Divisi Pendataan dan Kepesertaan
- Divisi Humas dan Media Sosial
- Divisi Peralatan
- Divisi Dokumentasi
Jangan lupa untuk memberikan cenderamata kepada para mentor sebagai ucapan terima kasih. Cenderamata berupa corporate gift juga bisa menjadi sarana promosi perusahaan sekaligus mempererat hubungan baik.
Hubungi Mahada segera, agar kami dapat merancang premium corporate gift terbaik untuk pelatihan perusahaan Anda.