Memanfaatkan merchandise untuk usaha promosi. Menggunakan merchandise sebagai media promosi merupakan salah satu cara meningkatkan branding.
Tak jarang, mulai dari komunitas, institusi dan instansi, baik pemerintah maupun swasta, banyak membuat beraneka paket souvenir yang dicustom dengan logo, dan dijadikan sebagai souvenir.
Pemberian souvenir sendiri banyak dilakukan dengan berbagai kegiatan. Seperti workshop, seminar, lokakarya, hingga kegiatan-kegiatan yang sifatnya hiburan semisal festival atau perlombaan.
Ada banyak barang merchandise yang bisa dijadikan untuk media promosi. Namun karena merchandise yang akan dibuat bertujuan sebagai media promosi, tentu Anda harus lebih selektif dalam mempertimbangkan merchandise yang tepat.
Berikut tips dalam memilih paket souvenir untuk promosi yang bisa Anda simak.
1. Tentukan Segmen
Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih item untuk merchandise, yakni menentukan segmen, atau target pasar Anda.
Dengan menentukan segmen, Anda akan lebih mudah mengklasifikasikan item yang kemudian dapat Anda kerucutkan sesuai segmen yang Anda tentukan.
Misalnya untuk segmen anak-anak, remaja, dewasa, atau umum. Anda dapat me-list item apa saja yang cocok untuk setiap segmen pasar.
2. Pilih Barang Fungsional
Dalam memilih item untuk merchandise promosi, pastikan item tersebut memiliki kegunaan yang baik. Lebih bagus jika Anda memilih item yang multifungsi.
Dengan memilih merchandise yang fungsional, dapat memberikan nilai kebermanfaat bagi penggunanya.
Tentunya nilai kebermanfaatan ini disesuaikan dengan segmen pasar yang sudah Anda tentukan. Salah satu merchandise promosi yang bisa Anda gunakan untuk kalangan pekerja kantor, misalnya, Anda bisa memilih flash disk atau power bank.
Flash disk sendiri memiliki banyak jenis yang bisa Anda pilih berdasarkan nilai kebermanfaatannya. Seperti flash disk kartu.
3. Tidak Habis Dipakai
Memilih paket souvenir untuk promosi, pastikan item tersebut dapat digunakan berkali-kali, dengan kata lain bukan produk sekali pakai. Dengan menggunakan barang yang dapat digunakan berulang kali, maka kegiatan promosi dapat dilakukan dalam jangka panjang.
Selama barang tersebut digunakan, selama itu pula promosi berjalan. Semakin promosi terus berjalan, semakin melekat brand Anda pada benak konsumen.
Ada banyak item yang memiliki nilai kebermanfaatan dan dapat digunakan jangka panjang. Misalnya tas, tumbler, buku agenda, flash disk, power bank, kalender, payung, jam, hingga t-shirt.
4. Kualitas
Kualitas produk merupakan hal yang penting. Semakin produk memiliki kualitas yang bagus, semakin berkelas citra yang terbangun.
Dengan produk yang berkualitas, menjadi salah satu penjamin merchandise Anda dapat bertahan lama atau tidak mudah rusak.
Jika kualitas merchandise Anda buruk, tentu akan memberi kesan yang kurang baik bagi konsumen. Memilih merchandise berkualitas, dapat meningkatkan brand awareness.
5. Menyesuaikan Budget
Memilih merchandise yang fungsional, dapat digunakan berulang kali, sekaligus berkualitas, sudah tentu harus disesuaikan pula dengan bujet yang tersedia. Namun memilih benda yang fungsional dan berkualitas tidak harus mahal.
Ada banyak merchandise yang bisa Anda dapatkan dengan harga murah. Seperti gantungan kunci, mug, memo, kalender, block note, goodie bag, bolpoin dan lain-lain.
Nah, itulah beberapa tips dalam memilih paket souvenir untuk kebutuhan promosi. Jika Anda hendak membuat merchandise promosi, Mahada Indonesia siap melayani Anda. Mahada Indonesia menerima beragam merchandise atau paket souvenir yang bisa Anda custom dengan logo perusahaan Anda.
Segera hubungi customer service kami untuk konsultasi produk maupun penawaran harga terbaik.(*)