Mengenal Apa Itu Core Value dan Tujuannya 

Apa Itu Core Value 
Written By Ika Siti Rahayu
Publish : 26 May 2024
Ads In Article (1)

Core value punya peran penting dalam menentukan masa depan suatu perusahaan, kaitannya sangat erat dengan nilai-nilai yang jadi pedoman dalam mengambil keputusan. Nilai yang diusung oleh perusahaan nantilah yang akan mempengaruhi cara perusahaan menjalankan kegiatan operasional dan melakukan ekspansi di masa mendatang. 

Tanpa nilai-nilai yang baik, sebuah perusahaan akan terombang-ambing karena tidak memiliki prinsip yang pasti. Perusahaan akan lebih mudah terpengaruh situasi eksternal dan tidak memiliki arah pasti. Sebagai business owner atau karyawan, Anda tentu tak boleh membiarkan hal ini terus terjadi! Pelajari arti penting memiliki core value bagi perusahaan dibawah ini ya! 

Apa Itu Core Value dan Fungsinya? 

Sederhananya, core value adalah nilai, prinsip, atau keyakinan dasar yang harus dipegang teguh oleh setiap perusahaan dan pihak yang terlibat didalamnya (termasuk business owner dan karyawan). Prinsip ini mencerminkan nilai dasar, maksud dan tujuan, serta hal yang paling berharga dan penting bagi perusahaan. 

Contohnya nih, core value sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang non-profit seperti LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) adalah membantu dan mensejahterakan masyarakat sekitar. Hal ini menciptakan prinsip, visi-misi, dan tujuan yang konsisten dalam rangka mewujudkan keinginan perusahaan/organisasi. Hal yang sama juga berlaku untuk perusahaan dalam bidang lainnya. 

Nilai inilah yang dijadikan pedoman untuk mengambil keputusan, merealisasikan sebuah tindakan, dan menyelesaikan masalah. Jangan sampai hal-hal yang dilakukan perusahaan melenceng dari nilai-nilai dasarnya. Oleh karena itulah, apa itu core value punya efek yang sangat besar dan berdampak langsung pada perkembangan perusahaan itu sendiri. 

Tujuan Core Value bagi Sebuah Perusahaan 

Core values atau nilai dasar (inti) adalah prinsip yang dasar jadi pondasi dari budaya dan identitas sebuah perusahaan. Tujuan adanya nilai dasar ini antara lain, sebagai: 

  1. Panduan bagi business owner, manajemen dan karyawan dalam mengambil keputusan yang konsisten dengan visi dan misi perusahaan. 
  2. Dasar untuk membangun budaya perusahaan yang positif nan produktif yang bisa meningkatkan motivasi karyawan.
  3. Meningkatkan keterlibatan karyawan yang memicu peningkatan loyalitas dan komitmen. 
  4. Meningkatkan reputasi yang baik di mata pelanggan, masyarakat, dan seluruh mitra bisnis. Hal ini akan memberikan dampak baik bagi relasi jangka panjang dan kontinuitas bisnis. 
  5. Identitas kuat yang membedakan perusahaan dengan kompetitor. 
  6. Kerangka kerja dan panduan untuk melakukan inovasi dan ekspansi bisnis.

Perbedaan antara Core Values, Belief (Keyakinan), dan Attitude (Sikap)

Sebagai seorang business owner yang memimpin perusahaan atau karyawan yang menjalankan seluruh operasionalnya, Anda tidak boleh keliru memahami makna ketiga kata diatas! Core value adalah nilai dasar yang harus dipegang teguh perusahaan, belief adalah keyakinan, dan attitude adalah sikap. Ketiga konsep diatas memanglah punya keterkaitan yang erat, namun karakteristiknya berbeda. Jadi, jangan salah ya! 

Nilai dasar ini tidak akan berubah sepanjang waktu, ialah inti dari tujuan perusahaan, sifatnya relatif stabil dan konsisten. Ia mencerminkan hal-hal berharga yang ingin dicapai perusahaan. Belief adalah sebuah keyakinan yang diperoleh dari pengalaman, kepercayaan, pengetahuan, kondisi internal & eksternal suatu individu atau kelompok tertentu. Keyakinan ini dapat berubah seiring dengan perubahan kondisi dan pengalaman individu tersebut. 

Attitude adalah sikap yang muncul atas nilai dasar dan keyakinan yang dipegang. Sikap dapat memunculkan reaksi negatif atau positif, tergantung bagaimana cara perusahaan menanggapinya. 

Contoh Penerapan Core Value

Anda bisa mencontoh Google yang selalu memprioritaskan kepuasan dan pengalaman pengguna dalam pengembangan produk dan layanannya. Contohnya nih melalui perubahan algoritma search engine Google yang dirancang untuk memberikan hasil yang paling relevan bagi pengguna. Core value inilah yang mengantarkan Google jadi salah satu perusahaan terbaik di dunia! Tertarik mengikuti jejak perusahaan-perusahaan besar ini? Jangan abaikan core value unik perusahaan Anda ya! 

Berikan apresiasi pada seluruh pihak yang membantu Anda dalam memajukan perusahaan dengan hadiah corporate gift custom dari mahada.co.id! Mari diskusikan kebutuhan gift anda bersama kami.

Editor : Dodi Insan Kamil

ads corporate gift
Banner 1
Gifset Corporate Banner

Informasi Lain yang Mungkin Anda Perlukan

Mengenal Apa Itu KPI dan Contohnya

Mengenal Apa Itu KPI dan Contohnya

Mungkin anda pernah mendengar apa itu KPI, biasanya KPI digunakan untuk pengukuran kinerja dan menjadi salah satu faktor penting untuk mencapai tujuan. Salah satu alat yang sering digunakan untuk memantau dan mengevaluasi performa karyawan adalah KPI atau Key...

Apa Itu Struktur Perusahaan? Berikut Jenis dan Contohnya

Apa Itu Struktur Perusahaan? Berikut Jenis dan Contohnya

Setiap perusahaan wajib memiliki struktur perusahaan yang baik, struktur organisasi merupakan kerangka kerja yang menentukan bagaimana tugas, tanggung jawab, dan wewenang dikelola di dalam perusahaan. Dengan struktur yang terorganisir, perusahaan dapat beroperasi...

Corporate Gift Low
Blog tentang mahada indonesia 4

Bingung Memilih Souvenir Yang Cocok Untuk Event Anda?

Untuk Anda yang masih kebingungan dalam memilih souvenir apa yang cocok untuk kebutuhan Anda, Klik tombol di bawah untuk menghubungi Corporate Gift Consultant Kami.

Agar konsultasi lebih mudah, Anda dapat mempersiapkan informasi penting ini:

  • Kebutuhan souvenir Anda (event, atau apresiasi karyawan)
  • Quantity pemesanan souvenir
  • Referensi desain (logo, atau desain grafis)
  • Budget per pcs (membantu kami dalam merekomendasikan souvenir yang tepat)