08112058905 cs@mahada.id
Agenda Kulit Custom - Buku-Buku Ini Bersampul Kulit Manusia (Bagian 2)
08112058905 happy@mahada.id

Agenda Kulit Custom – Ada beberapa alasan, mengapa orang senang dengan bahan kulit. Termasuk kulit untuk bahan sampul buku. Seperti buku agenda.

Sampul buku kulit sudah dipakai sejak zaman dulu. Bahan kulitnya ada yang berasal dari kulit lembu, sapi, domba, hingga kulit manusia. Kulit manusia?

Iya ternyata orang Eropa di abad ke-17 pernah populer praktik “anthropodermic bibliopegy” ini. anthropodermic bibliopegy adalah istilah untuk menyebut praktik memakai kulit manusia sebagai sampul buku.

Travel Journal - Buku Agenda Kulit Custom untuk Paket Souvenir
Buku Kulit Custom

Teknik menyampuli buku memakai kulit manusia biasanya digunakan pada buku-buku seperti buku anatomi, buku wasiat terakhir, serta buku hukum. Karena bahan yang dipakai bukan bahan yang umum, praktik ini kerap dikaitkan dengan cerita-cerita mistis. (Baca Bagian 1)

3. Leeds, England Ledger (1700-an)

Sebuah buku besar berusia 3 abad, tanpa sengaja ditemukan di kota Leeds, Inggris pada tahun 2006 silam. Buku ini berbahasa Perancis ini diperkirakan dibuat pada tahun 1700.

Penemuan tersebut sekaligus memunculkan spekulasi kalau buku ini dibuat pada masa Revolusi Perancis, di mana penggunaan kulit manusia untuk menjilid buku sedang populer-populernya. Namun tidak diketahui siapa identitas orang yang kulitnya dijadikan sampul buku ini.

4. Georgics

Jacques Delille adalah pujangga Perancis yang merangkap penerjemah karya sastra bahasa lain. karya terjemahannya yang paling terkenal adalah terjemahan Georgics, puisi berbahasa Latin yang dibuat oleh Virgil.

Saat Delille meninggal, sebagian kulitnya diambil oleh orang tak dikenal dan kulitnya digunakan untuk menyampuli buku yang menampilkan puisi hasil terjemahannya.

5. Dictionary (1818)

Souvenir Buku Agenda dan Bolpoin dalam Kemasan Hard Box Custom
Gift Set Custom Binder Kulit dan Bolpoin

Penulis dan pakar bahasa Inggris yang disegani di masanya, Samuel Johnson membuat sebuah kamus. Kamus yang diterbitkan pertama kali di tahun 1755 itu memuat lebih dari 40 ribu kata.

Di tahun 1818, seorang kriminal bernama James Johnson dihukum mati di Norwich. James Johnson yang telah meninggal, kemudian kulitnya digunakan untuk menyampuli sebuah buku kopian kamus buatan Samuel.

6. Red Barn Murder Judicial Proceedings (1828)

Di Polstead, Inggris, pada tahun 1827 pernah terjadi kasus pembunuhan terkenal yang disebut Red Barn Murder atau Pembunuhan Gudang Merah. William Corder membunuh Maria Marten di gudang merah, setelah keduanya saling jatuh cinta dan Maria memiliki anak di luar nikah. Corder berhasil ditangkap setelah ibu angkat maria bermimpi kalau Maria dibunuh dan dikubur di Gudang Merah.

Corder dijatuhi hukuman mati. Setelah meninggal, mayatnya dibedah dan dijadikan percobaan oleh petugas medis. Kerangkanya dijadikan alat peraga di Rumah Sakit Suffolk Barat. Sementara kulitnya diambil oleh dokter bedah, George Creed dan digunakan untuk menjilid buku yang mengulas Pembunuhan Gudang Merah.

_ _ _ _ _

Konsultasi dan Pemesanan Agenda Kulit Custom:

08112079792 | smile@mahada.id

08112058905 | happy@mahada.id

WhatsApp chat