08112058905 cs@mahada.id
Agenda Kulit Custom - Buku-Buku Bersampul Kulit Manusia (Bag 3-Habis)
08112058905 happy@mahada.id

Agenda Kulit Custom – Ada beberapa alasan, mengapa orang senang dengan bahan kulit. Termasuk kulit untuk bahan sampul buku. Seperti buku agenda.

Sampul buku kulit sudah dipakai sejak zaman dulu. Bahan kulitnya ada yang berasal dari kulit lembu, sapi, domba, hingga kulit manusia. Kulit manusia?

Iya ternyata orang Eropa di abad ke-17 pernah populer praktik “anthropodermic bibliopegy” ini. anthropodermic bibliopegy adalah istilah untuk menyebut praktik memakai kulit manusia sebagai sampul buku.

Buku Agenda Travel dengan Sampul Kulit
Buku Sampul Kulit Custom

Teknik menyampuli buku memakai kulit manusia biasanya digunakan pada buku-buku seperti buku anatomi, buku wasiat terakhir, serta buku hukum. Karena bahan yang dipakai bukan bahan yang umum, praktik ini kerap dikaitkan dengan cerita-cerita mistis. (Baca Bagian 2)

7. Narrative of Life of James Allen (1837)

Seorang kriminal, James Allen, dijebloskan dalam penjara Turnpike, Massachussets, Amerika, karena melakukan upaya perampokan pada John A. Fenno.

Jelang kematiannya, Allen meminta agar Salinan memoarnya dijilid memakai kulitnya sendiri dan disumbangkan pada Fenno. Permintaan tersebut dituruti dan keluarga Fenno benar-benar dikirimi buku yang disampul kulit Allen.

8. The Poetical Works of John Milton (1852)

George Cudmore membunuh istrinya dengan cara mencampurkan racun ke dalam apel dan susu yang hendak diminumnya. Cusmore kemudian ditangkap polisi Inggris dan dihukum mati. Mayatnya dipindahkan ke rumah sakit Exeter dan kulitnya diambil.

W. Clifford, seorang pengelola buku menggunakan kulit Cudmore untuk menyampuli buku kumpulan pusisi John Milton. Di bagian depan buku, terdapat tulisan yang menjelaskan kenapa Cudmore bisa sampai dijatuhi hukuman mati. Buku tersebut sekarang disimpan di Perpustakaan Studi Westcountry, Exeter.

Souvenir Buku Agenda Kulit
Paket Souvenir Buku Agenda Sampul Kulit Custom

9. Terres du Ciel (1882)

Seorang astronom Perancis merupakan selebriti yang memiliki banyak pengagum. Salah satu pengagumnya, seorang wanita bangsawan yang mati muda karena penyakit TBC. Sebelum meninggal, wanita itu meminta agar kulit punggungnya kelak diambil dan disumbangkan kepada Flammarion. Ia memohon supaya Flammarion menggunaka kulitnya itu untuk sambul buku berikutnya.

Saat Flammarion merilis buku terbarunya berjudul, Terres du Ciel, salah satu salianannya kemudian dijilid memakai kulit wanita tersebut. Buku tersebut masih ada sampai sekarang dan tersimpan di observatorium Juvisy, Perancis.

10. El Viaje Largo (1972)

Meski sudah lewat dari masa populernya, ternyata di abad 20, praktik menggunakan kulit manusia sebagai sampul buku masih ada. Buku kumpulan puisi El Viaje Largo adalah buku terbitan abad 20 yang masih menggunakan kulit manusia. Halaman pertama buku karya Tere Medina tersebut, terdapat tulisan berbahasa Spanyol dan Inggris.

Kutipan tulisan itu berbunyi, “Sampul buku ini terbuat dari kulit manusia. Marga Aguadilla dari Dataran Tinggi Mayaguez menyimpan lapisan kulit badan anggota marganya.

Jika kulit-kulit tersebut umumnya digunakan untuk keperluan marga Aguadilla sendiri, sebagian kecilnya diperdagangkan di mana ada tingkat permintaan yang kecil namun stabil. Sampul buku ini adalah perwakilan dari permintaan tersebut.”

_ _ _ _ _

Konsultasi dan Pemesanan Agenda Kulit Custom:

08112079792 | smile@mahada.id

08112058905 | happy@mahada.id

WhatsApp chat