Terdapat beberapa kategori kemasan yang biasanya digunakan sebagai souvenir promosi, yaitu kemasan primer, sekunder, tersier, dan kuarter. Peran packaging sendiri sangat penting untuk berbagai produk usaha maupun bagi merchandise atau souvenir promosi. Ini karena selain berfungsi untuk melindungi produk, kemasan juga berfungsi sebagai media branding yang efektif.
Faktor Penting dalam Memilih Kemasan Souvenir Promosi
Dalam memilih kemasan untuk merchandise atau souvenir promosi, terdapat beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan. Beberapa faktor tersebut antara lain:
1. Keamanan
Faktor ini mempertimbangkan keamanan kemasan atau packaging dalam melindungi produk dari berbagai hal yang menyebabkan kerusakan.
2. Ekonomis
Kemasan sebagai media promosi memang penting, tetapi perlu diperhitungkan juga biaya produksinya sehingga biaya yang dikeluarkan tidak melebihi proporsi.
3. Distribusi
Salah satu fungsi kemasan adalah agar merchandise atau souvenir promosi dapat disimpan, dipajang, dan didistribusikan dengan mudah.
4. Ergonomis
Faktor ini juga masih terkait dengan pendistribusian merchandise atau souvenir promosi pada klien. Seperti bagaimana kemasan tersebut mudah dipegang, dibawa, dibuka, dan mudah diambil isinya.
5. Identitas
Pada kemasan merchandise atau souvenir promosi, penting untuk mempertimbangkan bagaimana packaging yang digunakan dapat memuat identitas produk dengan baik.
6. Komunikasi
Packaging suatu merchandise atau souvenir promosi juga harus dipertimbangkan bagaimana kemasan tersebut mampu mencerminkan produk, citra merek, dan brandingnya.
7. Estetika
Dalam memilih sebuah kemasan, perlu adanya pertimbangan dalam segi kesesuaian warna, bentuk, merek/logo, hingga tata letak untuk memberikan daya tarik visual. Bagaimanapun, seseorang akan lebih antusias pada produk yang packaging-nya sedap dipandang. Sebuah packaging juga dapat meningkatkan nilai atau harga dari suatu produk, termasuk souvenir promosi.
Packaging Custom
Berdasarkan faktor-faktor di atas, kami menyediakan berbagai pilihan kemasan untuk merchandise dan souvenir promosi perusahaan Anda. Beberapa kemasan ini dapat digunakan sebagai kemasan primer maupun sekunder. Misalnya, kemasan tin metal box yang dapat berfungsi sebagai kemasan primer untuk souvenir seperti flashdisk.
Selain itu, kemasan hard box juga memiliki fleksibilitas, yaitu dapat digunakan sebagai kemasan primer untuk beberapa souvenir atau sebagai kemasan sekunder untuk produk yang sudah memiliki kemasan seperti flashdisk dalam tin metal box. Sebagai inspirasi, Anda dapat melihat katalog produk dan paket souvenir yang kami tawarkan di Mahada Indonesia.
Sebagai spesialis souvenir promosi, Mahada Indonesia dapat membantu Anda dalam memproduksi souvenir promosi perusahaan dengan beragam item. Hubungi customer service kami dan konsultasikan produk souvenir yang Anda inginkan.(*)