Brosur merupakan alat pemasaran yang sudah umum dipakai dalam usaha atau strategi promosi produk atau jasa. Sebagai media promosi, sebuah brosur berisi informasi yang berupa kalimat deskripsi dan juga dokumantasi ilustrasi, gambar atau foto.
Selayaknya media promosi, informasi yang dimuat dalam brosur, lebih lengkap dibandingkan informasi yang ada pada flayer. Karena dari segi bentuknya, brosur dibuat dengan model yang lebih kompleks, satu lembar kertas yang dilipat menjadi beberapa halaman.
Media promosi yang sudah dikenal sejak tahun 1950-an ini, berdasarkan lipatan kertasnya, terbagi dalam dua jenis.
Brosur Bifold
Brosur bifold adalah media promosi brosur yang memiliki satu lipatan hingga membagi kertas menjadi empat panel (masing-masing dua panel di setiap sisi), dengan ukuran luas yang sama. Dengan persatu halamannya luas, brosur ini umum dimanfaatkan untuk memberikan informasi yang lengkap mengenai suatu produk atau jasa.
Namun karena bentuknya ini, brosur bifold kurang praktis jika harus disebarkan di jalanan. Dengan begitu, brosur bifold biasanya diposisikan di tempat yang strategis, sehingga pengunjung dapat dengan mudah menjangkaunya. Seringkali brosur ini juga dibagikan langsung pada pelanggan yang datang oleh resepsionis atau kasir.
Brosur Trifold
Brosur trifold memiliki dua lipatan yang membagi kertas menjadi enam panel (masing-masing tiga di setiap sisi). Dengan lipatan ini, media promosi pengembangan dari flayer ini menjadi lebih ramping, serta lebih mudah disebarkan di jalan pada orang yang lalu lalang. Brosur trifold ini juga lebih mudah dimasukkan ke dalam kantong atau tas.
Namun dengan bentuk trifold ini, brosur menjadi lebih sempit untuk memuat informasi. Hal ini yang kemudian membuat karakter tulisan pada brosur lebih kecil, dan gambar yang dimuat juga kurang jelas.
Sebuah brosur sebagai media promosi, biasanya menggunakan kertas ukuran A4 atau folio. Sedangkan untuk jenis kertasnya, brosur lebih variatif, sesuai kebutuhan sebagai media promosi. Pada proses finishingnya, sebuah brosur ada yang menggunakan laminasi glossy agar tampak mengkilat, atau menggunakan laminasi doff, dimana brosur terasa lebih nyaman dipegang.
Custom Souvenir Promosi di Percetakan Indonesia
Selain brosur, saat ini Anda dapat melakukan promosi melalui souvenir. Souvenir merupakan merchandise yang sengaja diproduksi untuk tujuan promosi.
Mahada Indonesia merupakan vendor percetakan offset dan digital printing, di mana telah berpengalaman dan dipercaya oleh banyak perusahaan di seluruh Indonesia dalam memproduksi souvenir promosi.
Hubungi customer service Mahada Indonesia untuk souvenir promosi. Ikuti website Mahada Indonesia dan akun jejaring sosial Mahada Indonesia, agar Anda tidak ketinggalan informasi terbaru berkenaan dengan media promosi perusahaan.(*)