Susunan Kepanitiaan Pameran Serta Tugasnya

Susunan Kepanitiaan Pameran Serta Tugasnya
Publish : 26 June 2024
Ads In Article (1)

Membuat sebuah event pameran tidak lepas dari yang namanya kerjasama tim. Tentunya ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika akan merencanakan sebuah event nantinya. Mulai dari pembentukan susunan panitia pameran, menentukan lokasi atau tempat terselenggaranya event pameran, biaya yang dibutuhkan dan hal penting lainnya.

Menyusun kepanitian dengan membagi tugas pada anggota tentu akan lebih mempermudah kelancaran acara pameran, sehingga acara akan lebih sukses dan tentunya mengantisipasi terjadinya kesalahpahaman saat event berlangsung.

Dalam susunan kepanitiaan pameran ada beberapa struktur kepanitian  yang memiliki peran cukup penting, diantaranya ketua panitia, wakil ketua, sekretaris, bendara dan beberapa seksi- seksi yang dibutuhkan. Untuk lebih jelasnya berikut penjelasan struktur kepanitian beserta tugas dan tanggung jawabnya:

1. Ketua Pelaksana

Posisi pertama dan struktur kepanitian yang cukup penting peranannya adalah ketua panitia. Tugas dan tanggung jawab seorang ketua panitia sangatlah besar, selain bertanggung jawab dalam mensukseskan acara, sebagai ketua panitia harus memastikan persiapan pameran, memantau progress dan juga bertanggung jawab atas semua hal yang berkaitan dalam event tersebut.

2. Wakil Ketua

Susunan panitia pameran berikutnya adalah wakil ketua, Sebagai seorang wakil ketua tentunya memiliki tugas dan tanggung jawab yang sama besarnya. Selain memabantu ketua dalam mensukseskan acara, wakil ketua juga harus selalu siap menggantikan peran ketua panitia ketika sedang berhalangan hadir.

3. Sekretaris

Posisi sekretaris masuk ke dalam susunan kepanitian pameran yang cukup penting peranannya. Dimana untuk tugasnya adalah membuat surat perizininan, notulen rapat, membuat undangan rapat, kegiatan surat menyurat serta menyusun agenda acara pameran yang akan dilangsungkan.

4. Bendahara

Dalam susunan panitia pameran, tugas bendahara adalah yang berhubungan dengan segala macam keuangan. Selain membantu dalam mengatur keuangan, bendahara dalam acara pameran juga biasanya membantu mencarikan sponsor acara dan pastinya membuat laporan keuangan. Lalu harus melaporkannya kepada ketua panitia

5. Seksi Humas

Seksi humas merupakan posisi yang bertanggung jawab sebagai narahubung pada pihak eksternal. Selain itu seksi humas juga memiliki tanggung jawab menjalin media partner dan membuat citra positif atas diadakannya sebuah acara atau event pameran, khususnya melalui sosial media.

6. Seksi Keamanan

Supaya acara pameran berlangsung dengan aman dan nyaman, tentu dibutuhkan yang namanya seksi keamanan, Dimana tugasnya menjaga keamanan selama event pameran berlangsung, sehingga pengunjung yang datang merasa nyaman.

7. Seksi Dokumentasi

Sebagai seksi dokumentasi memiliki tugas dan tanggung jawab membuat promosi melalui media sosial dan tentunya membuat dokumentasi dalam bentuk foto dan video. Selain itu memberikan informasi pada khalayak ramai tentang terselenggaranya event pameran ini.

Event pameran tentu tidak akan sukses tanpa adanya bantuan dari berbagai pihak diatas, selain itu untuk lebih membuat acara berkesan biasanya pemberian souvenir sebagai kenang-kenangan tentu akan menjadi hal yang sangat berkesan untuk para pengunjung.

Saat ini memang sudah ada banyak jenis souvenir yang biasanya digunakan sebagai cindramata acara event pameran. Seperti buku agenda, tas, tumbler dan masih banyak lagi. Percayakan kebutuhan souvenir untuk pameran anda kepada kami

Mahada sudah sangat berpengalaman dalam pembuatan souvenir, gift set, corporate gift, seminar kit dan  cindramata lainnya, untuk berkonsultasi lebih lanjut bisa menghubungi corporate gift consultant kami melalui saluran WhatsApp:

Editor : Dodi Insan Kamil

ads corporate gift
Banner 1
Gifset Corporate Banner

Informasi Lain yang Mungkin Anda Perlukan

Apa Itu Timeline? Berikut Pengertian, Fungsi dan Komponennya.

Apa Itu Timeline? Berikut Pengertian, Fungsi dan Komponennya.

Tahukah Anda apa itu timeline dalam seminar? Saat menyelenggarakan sebuah seminar, tentunya ada banyak hal yang perlu disiapkan dengan matang. Mulai dari pemilihan tema hingga pembagian seminar kit untuk peserta. Namun, tanpa adanya perencanaan waktu yang jelas, semua...

Cara Membuat Rundown Acara Seminar

Cara Membuat Rundown Acara Seminar

Merancang seminar yang sukses pastinya membutuhkan perencanaan yang matang, mulai dari menentukan tema hingga menyiapkan seminar kit untuk peserta. Salah satu aspek penting dalam tahapan persiapan adalah membuat rundown acara seminar yang terstruktur dan efisien....

Corporate Gift Low
Blog tentang mahada indonesia 4

Bingung Memilih Souvenir Yang Cocok Untuk Event Anda?

Untuk Anda yang masih kebingungan dalam memilih souvenir apa yang cocok untuk kebutuhan Anda, Klik tombol di bawah untuk menghubungi Corporate Gift Consultant Kami.

Agar konsultasi lebih mudah, Anda dapat mempersiapkan informasi penting ini:

  • Kebutuhan souvenir Anda (event, atau apresiasi karyawan)
  • Quantity pemesanan souvenir
  • Referensi desain (logo, atau desain grafis)
  • Budget per pcs (membantu kami dalam merekomendasikan souvenir yang tepat)